MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA |
KELAS / SEMESTER | : | II / 1 |
MATERI | : | PENJUMLAHAN & PENGURANGAN BILANGAN |
WAKTU | : | 50 MENIT |
|
|
|
|
|
|
Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! |
|
|
|
|
|
|
1. | Lambang bilangan “tiga ratus tiga puluh tiga” adalah : |
| a. | 33 | c. 330 |
| b. | 303 | d. 333 |
|
|
|
|
|
|
2. | Lambang bilangan 221 dibaca : |
| a. | Dua dua satu | c. Dua ratus dua puluh |
| b. | Dua ratus satu | d. Dua ratus dua puluh satu |
|
|
|
|
|
|
3. | Lambang bilangan 308 dibaca : |
| a. | Tiga nol delapan | c. Tiga ratus delapan |
| b. | Tiga puluh delapan | d. Tiga ratus delapan puluh |
|
|
|
|
|
|
4. | Bilangan yang lebih kecil dari 304 adalah : |
| a. | 288 | c. 333 |
| b. | 402 | d. 404 |
|
|
|
|
|
|
5. | Bilangan yang lebih besar dari 122 adalah : |
| a. | 120 | c. 211 |
| b. | 112 | d. 99 |
|
|
|
|
|
|
6. | Bilangan 222, 202, 212, 200 bila diurutkan dari bilangan yang terkecil adalah : |
|
| a. | 222, 212, 202, 200 | c. 200, 202, 212, 222 |
| b. | 200, 212, 202, 222 | d. 222, 200, 202, 212 |
|
|
|
|
|
|
7. | Bilangan 123, 234, 321, 111 bila diurutkan dari bilangan yang terbesar adalah : |
|
| a. | 111, 123, 234, 321 | c. 321, 123, 234, 111 |
| b. | 123, 321, 111, 234 | d. 321, 234, 123, 111 |
|
|
|
|
|
|
8. | Angka puluhan dari bilangan 432 adalah : |
| a. | 4 | c. 2 |
| b. | 3 | d. 1 |
|
|
|
|
|
|
9. | Angka 4 pada bilangan 349 memiliki nilai… |
| a. | 40 | c. 49 |
| b | 400 | d. 4 |
|
|
|
|
|
|
12. | Mama memasukkan 110 jeruk ke dalam keranjang. Di dalam keranjang ternyata sudah ada 220 jeruk. Berapa buah jeruk yang ada dalam keranjang sekarang? |
|
|
| a. | 300 | c. 340 |
| b. | 330 |
|
| d. 500 |
|
|
|
|
|
|
14. | Perbandingan dua bilangan yang benar adalah : |
| a. | 344 < 288 | c. 177 > 117 |
| b. | 312 > 333 | d. 98 < 89 |
|
|
|
|
|
|
15. | Perhatikan susunan bilangan 123, 231, 321 dan 131. Bilangan yang paling kecil adalah… |
|
| a. | 231 | c. 131 |
| b. | 123 | d. 321 |
|
|
|
|
|
|
16. | Bilangan yang paling besar dari 444, 333, 434 dan 399 adalah… |
| a. | 333 | c. 399 |
| b. | 434 | d. 444 |
|
|
|
|
|
|
17. | Urutan bilangan dari yang paling kecil ditunjukkan oleh.. |
| a. | 68, 86, 96, 69 | c. 300, 330, 390, 369 |
| b. | 111, 143, 157, 300 | d. 212, 313, 441, 414 |
|
|
|
|
|
|
18. | Urutan bilangan dari yang paling besar ditunjukkan oleh… |
| a. | 222, 333, 444, 555 | c. 398, 298, 289, 267 |
| b. | 112, 221, 314, 344 | d. 277, 276, 275, 374 |
|
|
|
|
|
|
19. | Bentuk panjang dari 254 adalah… |
| a. | 2 satuan + 5 puluhan + 4 ratusan |
| b. | 2 puluhan + 5 ratusan + 4 satuan |
| c. | 2 ratusan + 5 puluhan + 4 satuan |
| d. | 4 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan |
|
|
|
|
|
|
20. | Angka 1 pada bilangan 197 menempati… |
| a. | Ratusan | c. Satuan |
| b. | Puluhan | d. Puluhan dan Satuan |
|
|
|
|
|
|
21. | 3 ratusan + 2 puluhan + 9 satuan = … |
| a. | 239 | c. 329 |
| b. | 923 | d. 392 |
|
|
|
|
|
|
22. | Selisih nilai angka-angka 3 pada bilangan 363 adalah… |
| a. | 0 | c. 297 |
| b. | 279 | d. 300 |
|
|
|
|
|
|
23. | 5 ratusan – 4 puluhan = … |
| a. | 1 | c. 460 |
| b. | 54 | d. 496 |
|
|
|
|
|
|
24. | 2 ratusan + 7 satuan = … |
| a. | 9 | c. 207 |
| b. | 27 | d. 270 |
|
|
|
|
|
|
25. | Selisih nilai angka-angka 5 pada bilangan 255 adalah … |
| a. | 0 | c. 50 |
| b. | 45 | d. 495 |
|
|
|
|
|
|
Kunci Jawaban & Pembahasan : |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. | d | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. | d | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. | a | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. | d | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. | b | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. | a | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. | b | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
11. | b | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
12. | b | ==> |
| Jeruk yang dimasukkan ke keranjang 110 buah |
|
|
|
| Jeruk yang sudah ada di keranjang 220 buah |
|
|
|
| Jumlah jeruk seluruhnya adalah… |
|
|
|
| = 110 + 220 |
|
|
|
| = 330 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. | a | ==> |
| Jumlah telur yang tersedia 525 |
|
|
|
| Jumlah telur yang terjual 255 |
|
|
|
| Jumlah telur yang masih tersisa adalah… |
|
|
|
| = 525 – 255 |
|
|
|
| = 270 |
|
|
|
|
|
14. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
15. | b | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16. | d | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17. | b | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
20. | a | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21. | c | ==> |
| Cukup Jelas |
|
|
|
|
|
22. | c | ==> |
| Angka 363 terdiri dari : |
|
|
|
| Angka 3 paling depan berarti 3 ratusan = 300 |
|
|
|
| Angka 6 berarti 6 puluhan = 60 |
|
|
|
| Angka 3 paling belakang berarti 3 satuan = 3 |
|
|
|
| Selisih antara angka 3 yang di depan dengan angka 3 yang di belakang adalah… |
|
|
|
|
|
|
|
| = 300 – 3 |
|
|
|
| = 297 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23. | c | ==> |
| 5 ratusan = 500 |
|
|
|
| 4 puluhan = 40 |
|
|
|
| 5 ratusan – 4 puluhan adalah.. |
|
|
|
| = 500 – 40 |
|
|
|
| = 460 |
|
|
|
|
|
24. | c | ==> |
| 2 ratusan = 200 |
|
|
|
| 7 satuan = 7 |
|
|
|
| 2 ratusan + 7 satuan adalah … |
|
|
|
| = 200 + 7 |
|
|
|
| = 207 |
|
|
|
|
|
25. | b | ==> |
| Angka 255 terdiri dari : |
|
|
|
| Angka 2 ratusan = 200 |
|
|
|
| Angka 5 yang di tengah berarti 5 puluhan = 50 |
|
|
|
| Angka 5 di belakang berarti 5 satuan = 5 |
|
|
|
| Selisih antara angka 5 yang di tengah dengan angka 5 yang di belakang adalah… |
|
|
|
|
|
|
|
| = 50 – 5 |
|
|
| = 45 |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Soal Matematika Kelas 2 (dua) SD Semester 1 dan Jawaban TA 2013/2014"
Post a Comment