KISI-KISI UTS I KELAS 2 SD MAPEL IPA SEMESTER I 2013/2014
CONTOH
KISI – KISI ULANGAN TENGAH SEMESTER I
SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KEBUMEN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal : 25 butir soal
Kurikulum : KTSP
- Pilihan Ganda : 10 butir soal
- Isian : 10 butir soal
- Uraian : 5 butir soal
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | ||
1 | 1 | Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara perawatannya | 1.1 | Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara perawatannya | Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan serta cara perawatannya | Disajikan sebuah gambar bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian tubuh tersebut | Pilihan Ganda | 1 |
Disajikan sebuah gambar bagian tubuh manusia, siswa dapat menjelaskan kegunaan bagian tubuh manusia tersebut | Pilihan Ganda | 2 | ||||||
Disajikan sebuah deskripsi tentang berbagai penyakit yang menyerang bagian tubuh manusia, siswa dapat menjelaskan cara merawat bagian tubuh tersebut | Pilihan Ganda | 3 | ||||||
| | | 1.2 | Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat ) | Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat | Disajikan ilustrasi tentang kondisi tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan hal yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tersebut | Pilihan Ganda | 4 |
Disajikn tabel tentang berbagai kebutuhan hidup manusia, siswa dapat mengidentifikasi dua kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. | Pilihan Ganda | 5 | ||||||
| | | 1.3 | Membiasakan hidup sehat | Kebiasaan hidup sehat | Disajikan sebuah gambar tempat sampah, siswa dapat membiasakan membuang sampah di tempat sampah | Pilihan Ganda | 6 |
Setelah selesai melakukan kegiatan , siswa dapat membiasakan kebiasaan hidup sehat | Pilihan Ganda | 7 | ||||||
| 2 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | 2.1 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | Perawatan dan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan | Disajikan ilustrasi tentang lingkungan yang kotor, siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan agar tetap bersih | Pilihan Ganda | 8 |
Disajikan beberapa tabel kegiatan manusia, siswa dapat mengenali kegiatan yang menjaga kebersihan | Pilihan Ganda | 9 | ||||||
| | | Disajikan beberapa gambar benda, siswa dapat menunjukkan benda yang digunakan sebagai alat kebersihan | Pilihan Ganda | 10 | |||
2 | 1 | Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara perawatannya | 1.1 | Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara perawatannya | Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan serta cara perawatannya | Disajikan sebuah gambar manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian tubuh yang ditunjukkan dalam gambar | Isian | 11 |
Disajikan deskripsi keguanaan bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan nama bagian tubuh yang dideskripsikan | Isian | 12 | ||||||
Siswa dapat menyebutkan alat / benda yang digunakan untuk merawat bagian tubuh | Isian | 13 | ||||||
1.2 | Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat ) | Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat | Siswa dapat menyebutkan kebutuhan manusia agar tidak merasa kedinginan atau kepanasan | Isian | 14 | |||
Siswa dapat menyebutkan sumber energi tubuh manusia | Isian | 15 | ||||||
1.3 | Membiasakan hidup sehat | Kebiasaan hidup sehat | Siswa dapat menjelaskan akibat sikap hidup tidak sehat | Isian | 16 | |||
| | | | | | Siswa dapat membiasakan diri untuk tidur tidak larut malam | Isian | 17 |
| 2 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | 2.1 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | Perawatan dan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan | Disajikan sebuah gambar alat kebersihan, siswa dapat menyebutkan keguanaan alat tersebut | Isian | 18 |
Siswa dapat membiasakan diri untuk menjaga kebersihan kelas | Isian | 19 | ||||||
Siswa dapat menjelaskan pentingnya lingkungan yang sehat | Isian | 20 | ||||||
3 | 1 | Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta cara perawatannya | 1.1 | Mengenal bagian tubuh dan kegunaan seta cara perawatannya | Bagian – bagian anggota tubuh, kegunaan serta cara perawatannya | Siswa dapat menyebutkan 3 bagian tubuh manusia yang berada di kepala | Uraian | 21 |
Disajikan beberapa bagian tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan keguanaan bagian tubuh tersebut | Uraian | 22 | ||||||
1.2 | Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat ) | Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat | Siswa dapat memberikan 3 buah contoh kebutuhan tubuh manusia agar tumbuh sehat | Uraian | 23 | |||
1.3 | Membiasakan hidup sehat | Kebiasaan hidup sehat | Siswa dapat menyebutkan 3 kebiasaan hidup sehat yang dilakukan setelah bangun tidur | Uraian | 24 | |||
| 2 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | 2.1 | Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | Perawatan dan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan lingkungan | Siswa dapat melakukan tindakan yang tepat saat melihat lingkungan yang kotor | Uraian | 25 |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "KISI-KISI UTS I KELAS 2 SD MAPEL IPA SEMESTER I 2013/2014"
Post a Comment