Soal, Kunci Jawaban, Kisi IPS Kelas 5 SD (Lima) UAS I TA 2013/2014
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas : V (Lima)
Hari/tanggal :
Waktu : 120 menit
Petunjuk Umum:
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas!
2. Bacalah setiap pertanyaan dengan saksama!
3. Kerjakanlah terlebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah!
4. Telitilah kembali sebelum kamu menyerahkan kepada Bapak/Ibu gurumu!
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
1. Yang termasuk kerajaan Hindu adalah ....
a. Kerajaan Tarumanegara c. Kerajaan Sriwijaya
b. Kerajaan Kaling d. Kerajaan Ternate dan Tidore
2. Kerajaan-kerajaan Budha diantaranya ….
a. Kerajaan Tarumanegara dan Sriwijaya c. Kerajaan Kaling dan Sriwijaya
b. Kerajaan Kaling dan Kutai d. Kerajaan Ternate dan Tidore
3. Kerajaan Samudra Pasai terletak di ....
a. Palembang c. Kalimantan Timur
b. Aceh d. Banten
4. Di bawah ini yang termasuk prasasti peninggalan agama Hindu yaitu ....
a. prasasti lebak c. prasasti kedukan bukit
b. prasasti telaga batu d. prasasti talang tuo
5. Prasasti … termasuk peninggalan agama Buddha.
a. telaga batu c. Kebon kopi
b. tugu d. Pasir awi
6. Raja Mulawarman tokoh sejarah Hindu Buddha dari kerajaan ….
a. Sriwijaya c. Singosari
b. Kutai d. Tarumanegara
7. Sultan Agung Hanyokrokusumo tokoh sejarah Islam dari kerajaan …
a. Samudra Pasai c. Demak
b. Banten d. Mataram
8. Kenampakan wilayah Indonesia terdiri dari kenampakan ....
a. alam c. alam dan buatan
b. alam, buatan dan biasa d. Alam, buatan dan kekayaan
9. Flora (tumbuhan) di Indonesia dikelompokan menjadi ....
a. 3 c. 5
b. 4 d. 6
10. Garis weber adalah garis untuk memisahkan habitat fauna tipe Australia dengan fauna tipe ….
a. Australia c. Asia
b. peralihan d. Asia Australia
11. Keadaan rata-rata suhu udara tekanan udara, curah hujan, angin sinar matahari, pada tempat tertentu dalam waktu relatif singkat disebut ....
a. iklim c. cuaca
b. musim d. angin
12. Yang memiliki ciri panas dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun disebut ….
a. Iklim c. cuaca
b . iklim tropis d. iklim musim
13. Provinsi Sulawesi, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, dan NTB merupakan wilayah waktu Indonesia Bagian ....
a. barat c. tengah
b. timur d. barat dan tengah
14. Yang ditetapkan sebagai penentu waktu internasional adalah kota negara ....
a. Amirika c. Belanda
b. Inggris d. Eropa
15. Jika di Jakarta jam 07.00 WIB, di Denpasar jam … WITA
a. 08.00 c. 10.00
b. 09.00 d. 11.00
16. Tiap-tiap daerah waktu yang berdekatan langsung (WIT dengan WITA) selisihnya ... jam .
a. 5 c. 3
b. 2 d. 1
17. Garis … membelah bumi menjadi belahan barat atau Bujur Barat (BB) dan belahan timur atau bujur timur (BT).
a. lintang c. bujur lintang
b. bujur d. bujur-bujur
18. Di Indonesia terdapat kurang lebih ... suku bangsa .
a. 200 c. 300
b. 100 d. 50
19. Salah satu suku bangsa dari Nanggroe Aceh Darusasalam yaitu ....
a. suku Kluet c. suku Laut
b. suku Nias d. suku Kubu
20. Salah satu suku bangsa dari Jawa Timur yaitu ….
a. Madura c. Bali
b. Samin d. Badui
21. Kebudayaan daerah akan ... budaya nasional.
a. memperburuk c. menandingi
b.menyaingi d. memperkaya
22. Sikap kita terhadap budaya daerah harus saling ….
a. menghormati c. menjelekan
b. membandingkan d. mengabaikan
23. Unsur dari kebudayaan nasional adalah kebudayaan ....
a. internasional c. asing
b. daerah d. suku bangsa
a. Lampung c. Aceh
b. Riau d. Banten
25. Kumpulan keluarga/kerabat yang sangat luas disebut ....
a. kekerabatan c. suku bangsa
b. kekeluargaan d. budaya bangsa
rakyat dari daerah ….
a. Riau c. Palembang
b. Medan d. Aceh
27. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani, sehingga Indonesia disebut negara ….
a. maritim c. agama
b. kolonial d. Agraris
a. produksi c. konsumsi
b. distribusi d. rehabilitasi
29. Sandang, pangan, dan papan termasuk kebutuhan ....
a. primer c. tersier
b. sekunder d. tambahan
30. Pemerintah menghargai usaha yang dilakukan setiap orang. Penghargaan yang diberikan pemerintah kepada orang yang berhasil dalam usaha dan menyerap banyak tenaga kerja dinamakan ….
a. Upakarti c. Adipura
b. Kalpataru d. Adipura Kencana
31. Kita harus menghormati guru. Guru termasuk usaha dalam bidang ….
a. pendidikan c. jasa
b.pengetahuan d. perdagangan
32. Salah satu usaha di bidang agraris adalah ….
a. kerajinan tangan c. berdagang
b. berkebun d. pariwisata
33. Jika harga jual lebih tinggi dari pada harga beli, maka pedagang itu dikatakan mendapat ....
a. kelebihan c. Kerajinan
b. kekurangan d. Laba
34. Yang termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu ….
a. PT KAI c. firma (Fa)
b. CV d. koperasi
35. Industri sedang adalah industri yang memiliki jumlah tenaga kerja ....
a. 1 - 5 orang c. 20 - 100 orang
b. 6 - 19 orang d. 100 - 200 orang
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
36. Kerajaan Hindu pertama di Indonesia adalah kerajaan ....
37. Kitab Negara Kartagama yang terdapat nama Pancasila dikarang oleh ....
38. Kerajaan nusantara pertama Sriwijaya sedangkan Kerajaan nusantara kedua adalah ....
39. Sekumpulan bukit yang membentuk barisan disebut ....
40. Angin muson disebut juga ....
41. Sungai digunakan sebagai tempat jual beli atau pasar terapung, yang terdapat di provinsi ….
42. Garis khayal yang melingkari bumi, seolah membelah bumi menjadi belahan bagian utara dan
membelah bumi bagian selatan disebut garis ....
43. Tari maengket berasal dari daerah ....
44. Ciri-ciri industry besar jumlah tenaga kerja di atas ... orang
45. Pihak atau orang yang melakukan distribusi disebut ....
III. Jawablah pertanyaan berikut pada tempat yang disediakan dengan benar!
46. Sebutkan 3 kerajaan Hindu di Indonesia !
_______
47. Sebutkan 3 tokoh sejarah Hindu Buddha di Indonesia !
_______
48. Apa yang dimaksud dengan gunung, tanjung, dan sungai ?
_______
49. Sebutkan 3 suku bangsa yang ada provinsi Nusa Tenggara Barat !
_______
50. Apa yang dimaksud dengan Intensifikasi, ekstensifikasi, dan diversifikasi ?
_______
Download Kunci Jawaban DISINI
KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I (UAS I) SD/MI
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : V (Lima)
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 50 butir
Bentuk Soal : I. Pilihan Ganda 25 butir soal Nomor Soal 1 s.d 35
II. Isian Singkat 10 Butir Soal Nomor 36 s.d 45
III. Uraian 5 Butir Soal Nomor 46 s.d 50
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | NOMOR SOAL | JENIS SOAL |
1 | Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan kerajaan Hindu di Indonesia | 1 | PILGAN |
2 | Siswa dapat menyebutkan kerajaan Buddha di Indonesia | 2 | PILGAN | |
3 | Siswa dapat menyebutkan kerajaan Islam di Indonesia | 3 | PILGAN | |
4 | Siswa dapat menyebutkan prasasti peninggalan agama Hindu di Indonesia | 4 | PILGAN | |
5 | Siswa dapat menyebutkan prasasti peninggalan agama Buddha di Indonesia | 5 | PILGAN | |
6 | Meceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan tokoh sejarah kerajaan Hindu- Buddha di Indonesia | 6 | PILGAN |
7 | Siswa dapat menyebutkan tokoh sejarah kerajaan Islam di Indonesia | 7 | PILGAN | |
8 | Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | Siswa dapat menjelaskan kenampakan alam yang ada di Indonesia | 8 | PILGAN |
9 | Siswa dapat menjelaskan flora yang ada di Indonesia | 9 | PILGAN | |
10 | Siswa dapat menjelaskan pengertian garis weber dengan benar | 10 | PILGAN | |
11 | Siswa dapat menjelaskan pengertian dari cuaca dengan benar | 11 | PILGAN | |
12 | Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang iklim tropis dengan benar | 12 | PILGAN | |
13 | Siswa dapat menyebutkan daerah pembagian waktu di Indonesia | 13 | PILGAN | |
14 | Siswa dapat menyebutkan tempat penentuan waktu internasional dengan benar | 14 | PILGAN | |
15 | Siswa dapat memberikan contoh selisih waktu di Indonesia dengan benar | 15 | PILGAN | |
16 | Siswa dapat menjelaskan selisih waktu di Indonesia dengan benar | 16 | PILGAN | |
17 | Siswa dapat menjelaskan pengertian tentang garis bujur dengan benar | 17 | PILGAN | |
18 | Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia | 18 | PILGAN |
19 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh suku bangsa yang ada di provinsi Aceh | 19 | PILGAN | |
20 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh suku bangsa yang ada di provinsi Jawa Timur | 20 | PILGAN | |
21 | Siswa dapat menyebutkan sumber kebudayaan nasional yang ada di Indonesia | 21 | PILGAN | |
22 | Siswa dapat bersikap menghargai dengan budaya asing | 22 | PILGAN | |
23 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh unsure dari kebudayaan nasional | 23 | PILGAN | |
24 | Siswa dapat menjelaskan gambar pakaian adat dan rumah adat yang ada di samping ! | 24 | PILGAN | |
25 | Siswa dapat menjelaskan pengertian suku bangsa dengan benar | 25 | PILGAN | |
26 | Siswa dapat menjelaskan gambar pertunjukan rakyat | 26 | PILGAN | |
27 | Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | Siswa dapat menjelaskan pengertian agraris dengan benar | 27 | PILGAN |
28 | Siswa dapat menjelaskan gambar kegiatan orang memindah barang | 28 | PILGAN | |
29 | Siswa dapat menyebutkan tingkat kebutuhan manusia | 29 | PILGAN | |
30 | Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah upakarti dengan benar | 30 | PILGAN | |
31 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh kegiatan di bidang jasa | 31 | PILGAN | |
32 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh usaha di bidang agraris | 32 | PILGAN | |
33 | Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah laba dengan benar | 33 | PILGAN | |
34 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) | 34 | PILGAN | |
35 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh ciri-ciri industry sedang/menengah | 35 | PILGAN | |
36 | Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan kerajaan Hindu tertua di Indonesia | 36 | ISIAN |
37 | Siswa mampu menceritakan karya sastra peninggalan agama Hindu | 37 | ISIAN | |
38 | Siswa dapat menyebutkan kerajaan nusantara kedua. | 38 | ISIAN | |
39 | Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | Siswa dapat menjelaskan pengertian pegunungan dengan benar. | 39 | ISIAN |
40 | Siswa dapat menyebutkan persamaan angin muson dengan benar | 40 | ISIAN | |
41 | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh sungai sebagai tempat jual beli atau pasar terapung | 41 | ISIAN | |
42 | Siswa dapat menjelaskan pengertian garis lintang dengan benar | 42 | ISIAN | |
43 | Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | Siswa dapat menjelaskan asal tari maeket | 43 | ISIAN |
44 | Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh ciri-ciri industry besar | 44 | ISIAN |
45 | Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah distributor dengan benar | 45 | ISIAN | |
46 | Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Buddha dan Islam di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan 3 kerajaan Hindu di Indonesia | 46 | URAIAN |
47 | Meceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan 3 tokoh sejarah Hindu-Buddha di Indonesia | 47 | URAIAN |
48 | Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah gunung, tanjung, dan sungai dengan benar | 48 | URAIAN |
49 | Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan 3 suku bangsa yang ada di NTB | 49 | URAIAN |
50 | Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | Siswa dapat menjelaskan pengertian istilah intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi dengan benar | 50 | URAIAN |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Soal, Kunci Jawaban, Kisi IPS Kelas 5 SD (Lima) UAS I TA 2013/2014"
Post a Comment