Soal Matematika Kelas 5 SD UAS I Kunci Jawaban dan Kisi TA 2013/2014
ULANGAN SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 /2014
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : V ( lima )
Hari / Tanggal :
Waktu :
Petunjuk Umum :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama !
3. Kerjakanlah lebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4. Telitilah kembali jawaban sebelum kamu serahkan kepada Bapak/Ibu Guru !
I. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. 475 + 350 = 350 + n; n = ….
2. Hasil taksiran terbaik kepuluhan terdekat dari 18 X 21 adalah ….
3. Faktor prima dari 42 adalah ….
4. Faktorisasi prima dari 84 adalah ….
5. FPB dari 60 dan 24 adalah ….
6. KPK dari 42 dan 70 adalah ….
7. 6 X 92 + ( -56 X ( - 72 ) ) = ….
8. Hasil dari 24 X 15 : 5 = ….
9. + = ….
10. Hasil dari adalah ….
11. Pukul 09.00 malam dapat ditulis pukul ….
12. 2,5 jam = … menit
13. 5 lustrum + 5 windu = … tahun
14. Jika sekarang pukul 08.15 maka 45 menit yang akan datang adalah pukul ….
15. 2 tahun – 15 bulan = … hari
16. 7 jam 27 menit 30 detik – 3 jam 40 menit 12 detik = ….
17. 15 bulan + 2 minggu + 29 hari = … hari
18. Segitiga siku–siku sudut ABC = , sudut ACB = , maka sudut BAC adalah … derajat
19. Sudut yang dibentuk dari pukul 02.30 besarnya … derajat
20. 19 dam + 17 m = … dm
21. 12 m/menit = … dm/menit
22. 72 km/jam = … dam/detik
23. Dalam waktu 5 jam mobil dapat menempuh 200 km. Kecepatan mobil adalah … km/jam
24. Jarak Kota A ke Kota B adalah 175 km. Sebuah mobil menempuh jarak tersebut dengan kecepatan 70 km/jam. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak Kota A ke Kota B adalah ….
25. Gambar Trapesium


Luas bangun disamping adalah ….
18 cm
30 cm

26. Gambar Layang - Layang
Luas bangun disamping adalah ….

10 cm
25 cm
27. Sebuah Trapesium memiliki luas 240 . Jika panjang sisi sejajar adalah 26 cm dan 14 cm tinggi Trapesium adalah ….
28. Luas sebuah Layang – Layang adalah 320 . jika panjang diagonal 1 adalah 80 cm, maka panjang diagonal 2 adalah ….
29. Panjang sisi suatu kubus adalah 6 cm. volume kubus adalah ….
30. Sebuah balok memiliki panjang 12 cm, lebar 13 cm dan tinggi 14 cm. volume balok adalah ….
II. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar !
31. Tentukan taksiran rendah, tinggi dan terbaik kepuluhan terdekat 83 X 36 !
Jawab : ___________________________________________________________________
32. Berapa hasil dari ( - 64 + ( - 9 ) X 4 ) : ( - 25 ) ?
Jawab : ___________________________________________________________________
33. Tiga tahun yang lalu umur Reni adalah 13 tahun. Berapa umur Reni 5 tahun yang akan datang ?
Jawab : ___________________________________________________________________
34. Dian sekeluarga menggunakan komputer secara bergantian. Dian mengetik selama 1 jam 25 menit. Adik membuat gambar selama 2 jam 13 menit. Ayah membuat surat selama 45 menit. Berapa total waktu penggunaan komputer keluarga Dian ?
Jawab : ___________________________________________________________________
35. Dua buah kota jaraknya 150 km. jarak tersebut ditempuh dengan mobil dalam 5 jam. Berapa kecepatan mobil tiap jam ?
Jawab : ___________________________________________________________________
36. Seorang pelari menempuh lintasan sepanjang 10 km dengan kecepatan 2,5 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan untuk sampai ke garis finih ?
Jawab : ___________________________________________________________________
37. Pak Pardi mempunyai papan berbentuk trapesium dengan panjang sisi yang sejajar 50 cm dan 64 cm. tentukan tinggi trapesium jika luasnya 1.368 ?
Jawab : ___________________________________________________________________
38. Sahrul akan membuat layang – layang dengan panjang diagonal 32 cm dan 28 cm. tentukan luas kertas yang dibutuhkan Sahrul untuk membuat laying – laying tersebut ?
Jawab : ___________________________________________________________________
39. Tentukan panjang balok bila volumenya 378 liter, tinggi 7 dm dan lebar 6 dm !
Jawab : ___________________________________________________________________
40. Volume kubus 1.728 . Tentukan panjang rusuknya !
Jawab : ___________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN
I. ISIAN
1. 475 16. 3 jam 47 menit 18 detik
2. 380 17. 493 hari
3. 2,3,7 18.
4. X 3 X 7 19.
5. 12 20. 2.070 dm
6. 210 21. 120 dm/menit
7. 4.584 22. 2
8. 72 23. 40 km/jam
9. 145 24. 2,5 km
10. 13 25. 180
11. 21.00 26. 125
12. 150 27. 12 cm
13. 65 tahun 28. 8 cm
14. 09.00 29. 216.000
15. 280 hari 30. 2.184
II. URAIAN
31. Taksiran rendah 80 X 30 = 2.400
Taksiran tinggi 90 X 40 = 3.600
Taksiran terbaik 80 X 40 = 3.200
32. ( -64 + ( -36 ) ) : ( -25 ) = ( -100 ) : ( -25 ) = 4
33. Umur sekarang 13 + 3 = 16 tahun
Umur 5 tahun lagi 16 + 5 = 21 tahun
34. 1 jam 25 menit + 2 jam 13 menit + 45 menit = 4 jam 23 menit
J 150


W 5
J 10


K 2,5
L 1.368 1.368



(a+b) ( 50 + 64 ) 114
38. L = ½ X X = ½ X 32 X 28 = ½ X 896 = 448
v 378 378



( txl) ( 7 x 6 ) 42
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V / I
ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
JUMLAH SOAL : 40 BUTIR
BENTUK SOAL : I ISIAN : 30 BUTIR NO 1 - 30
II URAIAN : 10 BUTIR N0 31 – 40
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | NO SOAL | BENTUK SOAL |
1. | 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah. 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam peme cahan masalah. 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah 4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya dalam pemecahan masalah 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah. 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam peme cahan masalah. 3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. 4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunaknnya dalam pemecahan masalah. | 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat – sifatnya, pembulatan dan penaksiran. 1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB. 1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat. 1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana. 2.1 Menuliskan tanda waktu dengan menggu nakan notasi 24 jam. 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu. 2.3 Melakukan pengukuran sudut. 2.4 Mengenal satuan jarak dan kecepatan. 3.1 Menghitung Trapesium dan Layang – Layang. 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. 4.1 Menghitung volume kubus dan balok. 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat – sifatnya, pembulatan dan penaksiran. 1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat. 2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu. 2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepaatan. 3.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. 4.1 Menghitung volume kubus dan balok. | Operasi Hitung Bilangan Bulat Pengukuran Luas Bangun Datar Sederhana Volume Kubus Dan Balok Operasi Hitung Bilangan Bulat Pengukuran Luas Bangun Datar Sederhana Volume Kubus Dan Balok | Ø Menggunakan sifat komutatif untuk melakukan operasi bilangan bulat. Ø Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan. Ø Menentukan faktor prima. Ø Menentukan faktorisasi prima. Ø Menentukan FPB dua bilangan. Ø Menentukan KPK dua bilangan. Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat perkalian dan penjumlahan. Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat perkalian dan pembagian. Ø Menentukan perpangkatan. Ø Menentukan akar sederhana. Ø Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu, jam, menit. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu, lustrum, windu, tahun. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu dalam sehari – hari. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu, tahun, bulan, hari. Ø Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jam, menit, detik. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu bulan, minggu, hari. Ø Menentukan besar suatu sudut. Ø Menaksir besar suatu sudut. Ø Menentukan satuan jarak. Ø Menunjukkan hubungan antara satuan jarak dan waktu. Ø Menunjukkan hubungan antara satuan jarak dan waktu. Ø Menentukan kecepatan apabila diketahui jarak dan waktu. Ø Menentukan waktu apabila diketahui jarak dan kecepatan. Ø Menentukan luas bangun trapesium. Ø Menentukan luas bangun layang – layang. Ø Menentukan tinggi bangun trapesium. Ø Menentukan salah satu panjang diagonal layang – layang. Ø Menentukan volume kubus. Ø Menentukan volume balok. Ø Menentukan taksiran rendah, taksiran tinggi, taksiran terbaik dari dua bilangan. Ø Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat penjumlahan, perkalian, pembagian. Ø Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu tahun. Ø Menentukan lama kegiatan yang melibatkan satuan waktu jam dan menit. Ø Menentukan kecepatan. Ø Menentukan waktu. Ø Menentukan tinggi bangun trapesium. Ø Menentukan luas bangun layang – layang. Ø Menentukan panjang balok. Ø Menentukan panjang rusuk kubus. | 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 | Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Isian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian Uraian |
Maaf bila soal banyak yang cacat, untuk yang soal ini kami memiliki aslinya!
Jika anda membutuhkan kirimkan ke Contact Me...
atau hubungi Contact Person Kami di SINI.
sdnArjsr
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Soal Matematika Kelas 5 SD UAS I Kunci Jawaban dan Kisi TA 2013/2014"
Post a Comment