Soal PKn Kelas 1 SD UAS I Kisi dan Kunci Jawaban 2013/2014
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : I ( Satu )
Hari / tanggal :
Waktu :
Petunjuk Umum :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap soal dengan seksama !
3. Kerjakan terlebuh dahulu soal yang kamu anggap paling mudah !
4. Periksalah kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak / ibu gurumu !
I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, atau c pada jawaban yang paling tepat !
- namanya susi berarti ia anak . . . .
a. laki-laki
b. perempuan
c. pria
- nadia beragama islam
ia beribadah di . . . .
a. gereja
b. pura
c. masjid
- anita dan made berbeda agama
meskipun begitu mereka hidup . . . .
a. rukun
b. bersaing
c. bertengkar
- suku sunda berasal dari . . . .
a. sumatra
b. jawa tengah
c. jawa barat
- ibu sedang mencuci
saya harus . . . .
a. membantu
b. membiarkan
c. melihat
- dengan kakak dan adik harus selalu . . . .
a. bertengkar
b. rukun
c. bermusuhan
- nenek sedang sakit
saya harus . . . .
a. diam saja
b. ditinggal pergi
c. menengok
- ketika bertemu guru di jalan
sebaiknya kamu mengucapkan . . . .
a. selamat
b. salam
c. maaf
- doni tidak membawa pensil
doni tidak dapat menulis
sebaiknya kamu . . . .
a. meminjami
b. membiarkan
c. memarahi
- makan bersama keluarga dapat menambah . . . .
a. keakraban
b. keangkuhan
c. kebencian
- hidup rukun di sekolah itu memang . . . .
a. menyedihkan
b. menyusahkan
c. menyenangkan
- rini dan toni hidup . . . .
a. susah
b. gembira
c. rukun
- tata tertib dibuat untuk menciptakan . . . .
a. kerusakan
b. keteraturan
c. kegaduhan
- rani belajar tanpa diperintah orang tua
contoh di atas adalah tertib di . . . .
a. rumah
b. sekolah
c. masyarakat
- sebelum masuk kelas murid . . . di depan kelas
a. berlari
b. berbaris
c. bercanda
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
- andi dan anto berjenis kelamin . . . .
- doni beragama kristen, fakih beragama islam
mereka hidup . . . .
- dengan ayah dan ibu kita harus . . . .
- nenek sedang menyapu, kita sebaiknya . . . .
- teman yang sakit sebaiknya kita . . . .
- hidup rukun membuat pekerjaan menjadi . . . .
- taat tata tertib rumah membuat keluarga menjadi . . . .
- dino selalu mematuhi tata tertib sekolah
dino menjadi anak yang . . . .
- rina anak yang tertib di rumah
maka setiap akan berangkat sekolah ia selalu minta . . . .
- ibu guru menjelaskan pelajaran
murid-murid . . . .
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
- di rumah siti ada ayah, ibu, robi adik siti dan nenek
ada berapa orang yang berjenis kelamin perempuan di rumah siti?
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 agama yang disyahkan di indonesia !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 suku bangsa di indonesia !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 tata tertib di rumah !
Jawab : _________________________________________________________________
- sebutkan 3 tata tertib di sekolah !
Jawab : _________________________________________________________________
KUNCI JAWABAN PKn
KELAS I
I. Pilihan Ganda
- b 6. b 11. c
- c 7. c 12. c
- a 8. b 13. b
- c 9. a 14. a
- a 10. a 15. b
II. Isian
16. laki-laki 21. ringan / cepat selesai
17. rukun 22. aman dan tentram
18. rukun 23. pandai
19. membantu 24. ijin
20. tengok 25. duduk rapi / mendengarkan
III. Uraian
26. 3 orang ( siti, ibu, nenek )
27. islam, katolik, protestan ( kebijaksanaan guru )
28. jawa, sunda, bali ( kebijaksanaan guru )
29. - rajin bangun pagi
- rajin mandi pagi
- minta ijin jika akan bepergian
( kebijaksanaan guru )
30. tertib sebelum masuk kelas, tertib mengikuti pelajaran, tertib belajar di kelas
( kebijaksanaan guru ) KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
SEKOLAH DASAR / MI
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : I / 1
Kurikulum : KTSP
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal : 30 butir
Bentuk Soal : I. Pilihan Ganda 15 butir no. 1 - 15
II. Isian 10 butir no. 16 - 25
III. Uraian 5 butir no. 26 - 30
NO | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR | NOMOR SOAL | BENTUK SOAL |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
I | 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | 1.1. Menjelaskan perbedaan jenis kelamin,agama dan suku bangsa | Perbedaan jenis kelamin | Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin perempuan | 1 | Pilihan Ganda |
| | | Perbedaan agama di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan tempat ibadah agama islam | 2 | Pilihan Ganda |
| | | Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda | Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda | 3 | Pilihan Ganda |
| | | Suku bangsa di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan asal suku Sunda | 4 | Pilihan Ganda |
| | 1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah | Hidup rukun dengan ayah dan ibu | Siswa dapat menyebutkan sikap yang harus ditunjukan untuk hidup rukun dengan ibu | 5 | Pilihan Ganda |
| | | Hidup rukun dengan kakak dan adik | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan kakak dan adik | 6 | Pilihan Ganda |
| | | Hidup rukun dengan kakek dan nenek | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan nenek | 7 | Pilihan Ganda |
| | | Hidup rukun dengan guru | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan guru | 8 | Pilihan Ganda |
| | | Hidup rukun antar murid | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun antar murid | 9 | Pilihan Ganda |
| | 1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah | Manfaat hidup rukun di rumah | Siswa dapat menyebutkan manfaat makan bersama keluarga | 10 | Pilihan Ganda |
| | | Manfaat hidup rukun di sekolah | Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di sekolah | 11 | Pilihan Ganda |
| | | Contoh anak yang hidup rukun | Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan gambar tentang anak yang hidup rukun | 12 | Pilihan Ganda |
| 2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah | 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah | Pentingnya tata tertib di rumah | Siswa dapat menyebutkan pentingnya dibuat tata tertib | 13 | Pilihan Ganda |
| | 2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah | Melaksanakan tata tertib di rumah | Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di rumah | 14 | Pilihan Ganda |
| | | Melaksanakan tata tertib di sekolah | Siswa dapat menyebutkan contoh melaksanakan tindakan tertib di sekolah | 15 | Pilihan Ganda |
II | 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan | 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa | Perbedaan jenis kelamin | Siswa dapat menyebutkan jenis kelamin laki-laki | 16 | Isian |
| | | Menjaga kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda | 17 | Isian |
| | 1.2Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah | Hidup rukan dengan ayah dan ibu | Siswa dapat menyebutkan sikap yang menunjukan hidup rukun dengan ayah dan ibu | 18 | Isian |
| | | Hidup rukan dengan kakek dan nenek | Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun dengan nenek | 19 | Isian |
| | | Hidup rukan antar murid | Siswa dapat menyebutkan contoh sikap hidup rukun antar teman | 20 | Isian |
| | 1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah | Manfaat hidup rukun di rumah | Siswa dapat menyebutkan manfaat hidup rukun di rumah | 21 | Isian |
| 2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah | 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah | Pentingnya tata tertib di rumah | Siswa dapat menyebutkan pentingnya taat tata tertib di rumah | 22 | Isian |
| | | Pentingnya tata tertib di sekolah | Siswa dapat menyebutkan pentingnya mematuhi tata tertib di sekolah | 23 | Isian |
| | 2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah | Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah | Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di rumah | 24 | Isian |
| | | Menemukan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah | Siswa dapat menyebutkan contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah | 25 | Isian |
III | 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan | 1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa | Perbedaan jenis kelamin | Siswa dapat menceritakan tentang jumlah anggota keluarga yang berjenis kelamin perempuan | 26 | Uraian |
| | | Perbedaan agama di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan 3 agama yang disyahkan di Indonesia | 27 | Uraian |
| | | Perbedaan suku bangsa di Indonesia | Siswa dapat menyebutkan 3 suku bangsa di Indonesia | 28 | Uraian |
| 2. Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah | 2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah | Tertib di rumah | Siswa dapat menyebutkan 3 tata tertib di rumah | 29 | Uraian |
| | 2.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah | Melaksanakan tata tertib di sekolah | Siswa dapat menyebutkan 3 contoh pelaksanaan tata tertib di sekolah | 30 | Uraian |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Soal PKn Kelas 1 SD UAS I Kisi dan Kunci Jawaban 2013/2014"
Post a Comment