Latihan Soal US Bahasa Indonesia 6 SD dan Kunci UAS 2 TA 2013/2014
PEMANTAPAN PERSIAPAN UJIAN NASIONAL
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal :
Pukul : 07.00 – 09.00
PETUNJUK UMUM |
1. Isikan identitas anda ke dalam Lembar Jawab yang tersedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk. 2. Berilah tanda silang pada pilihan jawaban A, B, C, atau D yang anda anggap benar pada Lembar Jawab. 3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum anda menjawabnya, pastikan setiap lembar soal memiliki nomor paket yang sama dengan nomor paket yang tertera pada cover soal. 4. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap. 5. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut. 6. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir soal terdapat 4 (empat) pilihan jawaban. 7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung lainnya. 8. Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. 9. Lembar soal tidak boleh dicorat-coret. |
PETUNJUK KHUSUS
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban yang merupakan jawaban paling tepat!
Bacaan soal nomor 1 s.d. 5.
Apakah Monosodium Glutamat?
MSG atau monosodium glutamat merupakan garam dari glutamat. Glutamat merupakan asam amino yang dapat ditemukan di banyak makanan. Makanan itu sering dijumpai di sekitar kita. Makanan yang mengandung glutamat antara lain keju, daging, ikan, dan sayur. Jenis-jenis makanan itu setiap hari menjadi bahan konsumsi masyarakat.
Pada mulanya MSG dibuat dari rumput laut. Sekarang bisa dibuat dari gula tebu. Tahun 1909, perusahaan Ajinomoto Jepang membentuk butiran MSG menjadi kristal kecil supaya dapat digunakan dengan mudah dan cepat. MSG buatan Jepang ini laris manis. Alasannya, apabila MSG dicampurkan kedalam makanan, akan muncul rasa baru. Rasa itu namanya umami atau rasa gurih.
Tahun 1968 penggunaan MSG sempat heboh di seluruh dunia. Robert Ho Man Kwok menulis sebuah surat ke majalah kesehatan di Inggris. Ia menceritakan kalau sakit akibat makan makanan Cina. Masakan Cina itu, konon diberi MSG supaya lezat. Penyakit itu dinamakan Chinese Restaurant Syndrom (CRS) atau sindrom makanan Cina.
Akibat dari berita ini, banyak orang yang takut masakan yang mengandung MSG. Mereka takut tubuhnya akan mudah terserang penyakit. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa MSG bisa menyebabkan otak kita terserang penyakit. Namun, organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan seseorang bisa terkena CRS kalau makan makanan yang mengandung lebih dari 5 gram MSG dalam satu hari.
1. Makanan apakah yang mengandung glutamat?
A. keju, beras, sayur, dan buah
B. ikan, sayur, keju, dan kopi
C. daging, ikan, keju, dan sayur
D. sayur, buah, ikan, dan keju
2. Mengapa MSG buatan Jepang laris manis?
A. karena dapat muncul rasa baru bila dicampurkan ke dalam makanan.
B. karena berupa kristal kecil dapat digunakan dengan cepat dan mudah.
C. karena pada mulanya dibuat dari rumput laut dan sekarang dari gula.
D. karena Robert Ho Man Kwok menulis sebuah surat ke majalah kesehatan di Inggris.
3. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ketiga adalah...
A. Mengapa Robert Ho Man Kwok menderita sakit?
B. Di mana Robert Ho Man Kwok menderita sakit?
C. Mengapa Robert Ho Man Kwok bikin heboh di seluruh dunia?
D. Kapan Robert Ho Man Kwok makan makanan Cina?
4. Ide pokok dalam paragraf keempat adalah... .
A. Mereka takut tubuhnya akan mudah terserang penyakit
B. banyak orang yang takut masakan yang mengandung MSG
C. MSG bisa menyebabkan otak kita terserang penyakit
D. organisasi kesehatan dunia (WHO)menyatakan seseorang bisa terkena CRS.
5. Kalimat yang sesuai dengan paragraf kedua adalah... .
A. MSG merupakan asam amino yang dapat ditemukan di banyak makanan
B. MSG yang dicampurkan dalam makanan akan menimbulkan umami.
C. MSG dibuat oleh Cina menjadi butiran kristal kecil mudah digunakan.
D. MSG buatan perusahaan Ajinomoto Jepang sempat heboh di seluruh dunia.
6.
Kakak berusia 15 tahun. Ia terserang flu. Aturan yang tepat untuk minum obat tersebut adalah…
A. Sekali minum dua sendok makan, tiga kali sehari
B. Sekali minum satu sendok teh, tiga kali sehari
C. Tiga kali sehari, sekali minum setengah sendok teh
D. Tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan
7. Bacalah petunjuk berikut ini!
(1) Atur temperatur sesuai keinginan.
(2) Cabut steker dari stopkontak setelah selesai digunakan.
(3) Colokkan steker pada stop kontak.
(4) Setelah cukup panas, setrika siap digunakan.
(5) Jika temperatur terlalu panas, turunkan dengan cara memutar tombol hingga ke temperatur yang lebih rendah.
Urutan petunjuk pemakaian setrika yang paling tepat adalah... .
A. (3)-(1)-(4)-(5)-(2)
B. (3)-(1)-(2)-(4)-(5)
C. (3)-(4)-(1)-(5)-(2)
D. (3)-(1)-(4)-(2)-(5)
8. Bacalah rubrik berikut ini!
Yogyakarta (KR, 17/10/2011). Pemberantasan korupsi di Indonesia baru mampu dilakukan pada taraf penindakan hukum. Itu pun penanganannya berlarut-larut, bahkan tidak tuntas. Oleh sebab itu perlu digagas secara intensif yang memfokuskan pada upaya pencegahan. Salah satunya memasukan mental anti korupsi ke dalam kurikulum pendidikan SD hingga SLTA. |
Kalimat saran yang tepat untuk rubrik diatas adalah...
A. Seharusnya pemberantasan korupsi dilaksanakan pelan-pelan saja.
B. Korupsi memang sulit diberantas karena sudah membudaya di Indonesia.
C. Pemberantasan korupsi harus dilaksanakan secara tuntas.
D. Pencegahan korupsi akan sia-sia karena korupsi merupakan tradisi Indonesia.
9. Bacalah cuplikan pengumuman berikut!
Pengumuman Diberitahukan kepada seluruh warga Desa Sukamaju bahwa akan diadakan kegiatan penanaman pohon di sepanjang jalan desa pada Sabtu, 16 Februari 2013 Setiap warga harap menyiapkan minimal dua bibit tanaman. |
Isi pengumuman tersebut adalah...
A. Undangan pameran flora Desa Sukamaju.
B. Kegiatan penanaman pohon warga Desa Sukamaju.
C. Penawaran penanaman pohon warga Desa Sukamaju.
D. Imbauan penanaman pohon disepanjang jalan Desa Sukamaju.
10. Perhatikan penggalan drama berikut!
Azka :(Mendekati Refa yang sedang membaca buku di perpustakaan) “Re... kamu
sudah mendengar bahwa Tina dirawat di rumah sakit?”
Refa : “Dia sakit apa?” (meletakkan bukunya dan menatap Azka)
Azka : “Kata ayahnya sakit DB.”
Shinta : “Apa...Tika sakit?” (Berjalan mendekati Azka dan Refa)
Refa :”Ya, kasihan dia. Mau piknik ke Jakarta, malah sakit”
Shinta : “Wah, kalau dia sakit kita tidak jadi latihan menari di aula!”
Azka : “Kita sepulang sekolah bezuk dia, ya?”
Tokoh utama dalam drama tersebut adalah …
A. Shinta
B. Tina
C. Refa
D. Azka
11. Latar tempat teks drama di atas adalah …
A. perpustakaan
B. rumah sakit
C. aula
D. Jakarta
12. Amanat yang termuat dalam teks drama tersebut adalah …
A. Menceritakan teman yang sakit perbuatan mulia.
B. Mengajak menengok teman yang sakit perbuatan mulia.
C. Kasihan pada teman yang sakit dengan berbicara pada teman lain.
D. Bila ada teman yang sakit agar dibawa ke rumah sakit.
13. Alfio sedang bermain bola dihalaman (1). Dia menimang-nimang bola dengan kakinya (2). Alfio sangat pintar menimang bola dari kaki satu pindah ke kaki lainnya (3). Alfio tampak gembira selesai menimang-nimang bola (4).
Kalimat utama paragraf di atas ditandai dengan nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
14. Perhatikan percakapan berikut!
Wina : “Kenapa kamu tidak mau menolong Dika, Sin?”
Sinta : “Tidak suka dengan dia!”
Wina : “Memangnya ada masalah apa?”
Sinta : “Dia dulu juga tidak menolong aku, ketika aku jatuh.”
Wina : “Sin, kita tidak boleh dendam. Siapa tahu dia tidak tahu kalau kamu jatuh?”
Simpulan teks percakapan di atas adalah … .
A. Menolong teman yang pernah menolong kita saja
B. Masalah dengan teman diatasi dengan senang.
C. Teman yang tidak disukai tidak perlu ditolong.
D. Dendam dengan teman adalah perbuatan tercela.
Bacaan untuk soal nomor 15, 16 dan 17
Aku segera berlari pulang. Kulihat jam dinding di rumahku menunjukkan pukul 17.30. Ternyata sebentar lagi matahari segera menyembunyikan diri ke peraduannya. Aku bergegas menuju kamar mandi. Air yang dingin itu segera menyegarkan tubuhku yang kegerahan karena berlari-lari dilapangan bermain bola.
15. Makna kalimat yang dicetak miring dalam paragraf tersebut … .
A. Matahari akan segera terbit
B. Matahari akan segera bersembunyi
C. Matahari akan segera terbenam
D. Matahari akan segera bersinar
16. Arti kata kegerahan dalam paragraf diatas adalah … .
A. kedinginan
B. kepanasan
C. kegemukan
D. kesegaran
17. Antonim kata bergegas pada paragraf di atas adalah … .
A. segera
B. lambat
C. cepat
D. santai
18. Perhatikan ilustrasi berikut!
Pak Budi dan Pak Badi merupakan saudara kembar.Namun demikian keduanya tidak pernah hidup rukun.Mereka tidak saling bertegur sapa.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah … .
A. Bagai air dengan minyak
B. Bagai air di daun talas
C. Bagai telur diujung tanduk
D. Bagai bumi dan langit
19. Perhatikan ilustrasi berikut!
Afika memang anak yang baik.Tak heran jika semua teman menyukainya.Jika ada orang yang kesusahan Afika tidak segan-segan membantunya dengan ikhlas.
Ungkapan yang tepat untuk sikap Afika adalah … .
A. ringan tangan
B. panjang tangan
C. kaki tangan
D. angkat tangan
20. Perhatikan pantun berikut!
Pohon jati kuat di kayu
Pohon nyiur tinggi batangnya
Murid sejati banyak ilmu
Rendah hati sikap santunnya
Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah … .
A. Kita harus rajin belajar agar ilmu bertambah.
B. Meski banyak ilmu kita harus rendah hati dan santun
C. Rendah hati harus diterapkan dalam diri
D. Murid sejati pasti banyak ilmunya.
21. Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Kemarin, Adi bersepeda santai mengelilingi Kampung Batu.Sepintas, kampung tersebut tampak asri.Ternyata, warganya sangat menderita.Di kawasan itu, ada kegiatan industri yang membuang limbahnya ke selokan penduduk.Bau busuk menyebar ke mana-mana.Air sumur warga pun tercemar.
Teks 2
Imran berhasil memelihara ayam.Jika semula ayamnya hanya sepasang, sekarang sudah menjadi dua puluh ekor.Sayang, dia tidak punya kandang khusus.Para tetangga di sebelah rumahnya terganggu.Ayam-ayam itu berkeliaran di halaman rumah dan merusak tanaman para tetangga Imran.Bau dari kotoran ayam-ayam itu pun mencemari lingkungan.
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah … .
A. Warga kampung sama-sama terganggu akibat kegiatan warga lain
B. Limbah industri dibuang ke sungai
C. Lingkungan yang tercemar limbah pabrik
D. Memelihara ayam secara sembarangan.
22. Cermati jadwal kereta api untuk menjawab soal nomor 22 dan 23
Jadwal Perjalanana Kereta Api Stasiun Semarang Tawang
No | Jurusan | Berangkat | Tiba | Nama Kereta |
1 | Smrng-Jkrt | 22.10 | 06.05 | Sembrani |
2 | Smrng-Srby | 22.55 | 08.45 | Gumarang |
3 | Smrng-Bdg | 22.20 | 04.30 | Argo Gede |
4 | Smrng- Jkrt | 15.00 | 21.40 | Argo Lawu |
Pernyataan yang sesuai dengan jadwal perjalanan kereta api tersebut adalah … .
A. Apabila ingin pergi ke Bandung dan tiba malam hari, kita dapat naik kereta api Argo Gede.
B. Apabila ingin pergi ke Surabaya dan tiba pagi hari, kita dapat naik kereta api Argo Lawu.
C. Apabila ingin pergi ke Jakarta dan tiba di malam hari, kita dapat naik kereta api Sembrani.
D. Apabila ingin pergi ke Jakarta dan tiba malam hari, kita dapat naik kereta api Argo Lawu.
23. Menurut jadwal tersebut, kereta api yang berangkat terakhir dari Semarang adalah … .
A. Sembrani
B. Argo Gede
C. Argo Lawu
D. Gumarang
24. Perhatikan puisi berikut!
Kau bekerja setiap hari
Tanpa lelah dan dahaga
Kau tempat menimba ilmu
Dari hari ke hari
Kini aku dapat membaca
Ilmuku selalu bertambah
Guruku sungguh mulia
Kau pahlawan tanpa tanda jasa
Isi yang terkandung dalam puisi di atas adalah … .
A. Guru memberikan ilmu
B. Guru mendidik anak menjadi pandai
C. Guru pahlawan tanpa tanda jasa
D. Guru tempat bertanya.
25. Bacalah cerita berikut!
Delia menarik kembali selimut tebalnya. Padahal ia tahu bahwa hari sudah siang. Teriakan ibu di dapur tidak membuat Delia segera bangun. Ia semakin malas untuk bangun ketika teringat tugas Bahasa Indonesia yang belum selesai dikerjakan. Ingin rasanya ia berpura-pura sakit seperti minggu lalu. Tetapi ibunya pasti akan lebih marah lagi. Dengan rasa malas akhirnya Delia bangun lalu bergegas mandi dan pergi ke sekolah.
Kesimpulan cerita di atas adalah … .
A. Delia pura-pura sakit perut karena tugas Bahasa Indonesia belum selesai dikerjakan.
B. Pagi itu Delia ketahuan berbohong sehingga ibunya semakin marah kepadanya.
C.Delia berangkat ke sekolah walaupun tugas Bahasa Indonesia belum selesai dikerjakan.
D. Delia tidak jadi berangkat ke sekolah karena bangun kesiangan dan dimarahi ibunya.
Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Memperingati Hari Pendidikan Nasional
Objek pengamatan : Kegiatan memperingati Hari Pendidikan Nasional di SD Nusa
Bakti
Waktu pengamatan : Rabu, 2 Mei 2012
Hasil pengamatan :
1. Upacara peringatan hari Pendidikan Nasional dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB
2. Pasukan pengibar bendera mengibarkan bendera
3. Perlombaan diadakan setelah upacara selesai dan lomba tersebut merupakan lomba yang mempererat kerjasama para siswa
26. Isi laporan di atas adalah tentang … .
a. Acara lomba yang diadakan SD Nusa Bakti
b. Upacara yang mengisi hari Pendidikan Nasional
c. Perlombaan yang mengisi hari Pendidikan Nasional
d. Kegiatan peringatan hari Pendidikan Nasional
27. Perbaikan struktur kalimat hasil pengamatan nomor 3 dalam laporan di atas adalah … .
a. Setelah upacara selesai, diadakan perlombaan yang mempererat kerjasama siswa
b. Upacara selesai dan perlombaan diadakan di sekolah
c. Setelah upacara sebaiknya diadakan perlombaan agar kerjasama para siswa dapat terbentuk
d. Kerjasama siswa dapat terbentuk jika setelah upacara diadakan perlombaan
28. Bacalah percakapan di bawah ini !
Dira : Ratih, apakah kamu ikut menjenguk Bila ?
Ratih : Lho, memangnya Bila sakit apa ?
Dira : Bila dirawat di rumah sakit, karena sakit demam berdarah
Ratih : Oh, begitu. Ya, aku mau ikut
Aku mau mendoakan Bila dan memberikan semangat agar dia cepat
sembuh
Dira : Baiklah
Topik percakapan di atas adalah … .
a. Mendoakan teman yang sakit
b. Memberi semangat teman yang sakit
c. Memberi tahu teman bahwa ada teman yang sakit
d. Menjenguk teman yang sakit
Bacaan nomor 29, 30, dan 31.
Satwa liar hampir punah. Penyebabnya antara lain karena diburu manusia secara tidak semena – mena. Setidaknya, sekitar 75.000 warga Indonesia diketahui memelihara satwa langka mulai dari jenis mamalia, unggas, reptilia, sampai ikan. Sudah seharusnya satwa langka itu dilindungi dan dilestarikan, bukan diburu kemudian dimanfaatkan untuk hal – hal yang kurang baik. Ini bertujuan agar satwa tersebut tidak punah.
29. Kalimat ringkasan yang tepat berdasarkan paragraf diatas adalah … .
a. Satwa liar hampir punah karena kondisi alam yang selalu berubah – ubah
b. Satwa liar hampir punah karena dipelihara dan kurang diperhatikan
c. Satwa liar hampir punah karena manusia memburunya semena – mena padahal satwa tersebut lebih baik dilindungi dan dilestarikan
d. Satwa liar hampir punah karena habitatnya yang mulai rusak
30. Tema bacaan tersebut adalah … .
a. Keadaan alam
b. Liburan
c. Satwa langka
d. Pariwisata
31. Pesan yang terkandung dalam bacaan tersebut adalah … .
a. Satwa langka haruslah diburu sebagai bentuk pengalaman
b. Satwa langka seharusnya dilindungi dan dilestarikan agar tidak punah
c. Banyak satwa langka yang diburu kemudian dipelihara
d. Agar tidak punah, satwa langka jangan diburu, tapi dipelihara dengan baik
Bacalah Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 31 dan nomor 32 !
Terima Kasih
Karya : A. Rifai
Indahnya pagi
Indahnya matahari terbit
Indahnya sore
Indahnya matahari
Indahnya malam
Indahnya bintang dan bulan
Tuhan, kau sungguh Agung
Kau perlihatkan kebesaran-Mu
Terima kasih, Tuhan
32. Pernyataan yang sesuai dengan puisi tersebut adalah … .
a. Puisi tersebut menceritakan seorang anak yang bersyukur dan berterima kasih kepada Sang Pencipta
b. Puisi tersebut mengandung gejala alam yang mengagumkan
c. Puisi tersebut tidak menggunakan kata – kata yang ekspresif
d. Puisi tersebut menginspirasikan pembaca tentang keindahan alam
33. Makna kata Agung dalam puisi di atas adalah … .
a. kuasa
b. sabar
c. besar
d. luar biasa
34. Perhatikan petunjuk berikut !
Petunjuk Menyalakan Rice Cooker
1. Masukkan beras yang sudah bersih ke dalam wadah beras
2. Tekan tombol pada posisi cook ( memasak )
3. Colokkan steker pada stop kontak
4. Buka tutup rice cooker dan masukkan wadah berisi beras yang sudah bersih
5. Tunggu hingga nasi masak secara otomatis
Urutan petunjuk memasak nasi menggunakan rice cooker yang tepat adalah … .
a. 1 – 4 – 3 – 2 - 5
b. 1 – 4 – 2 – 3 - 5
c. 1 – 4 – 5 – 2 - 3
d. 1 – 5 – 3 – 2 – 4
35. Bacalah kalimat acak berikut !
1) Kalau hati kita puas akan menyenangkan
2) Disiplin itu sebenarnya hanya masalah niat dan kemauan saja
3) Ini akan memberi kepuasan kepada kita
4) Kalau kita disiplin, semua hal yang kita lakukan akan selesai dengan baik
Kalimat acak tersebut akan membentuk paragraf yang padu jika disusun dengan urutan …
a. 3 – 4 – 1 - 2
b. 4 – 1 – 2 - 3
c. 2 – 3 – 4 - 1
d. 2 – 4 – 3 – 1
36. Fadlilah lulus Ujian Nasional dengan hasil baik.
Fadlilah dibelikan komputer baru.
Gabungan kedua kalimat diatas yang tepat adalah … .
a. Apabila Fadlilah dibelikan komputer baru, dia lulus Ujian Nasional ( UN ) dengan hasil baik
b. Fadlilah dibelikan komputer baru, tetapi dia lulus Ujian Nasional ( UN ) dengan hasil baik
c. Agar Fadlilah lulus Ujian Nasional ( UN ) dengan hasil baik, dia dibelikan komputer baru
d. Jika Fadlilah lulus Ujian Nasional ( UN ) dengan hasil baik, dia dibelikan komputer baru
37. … rumah Siska kebanjiran, ia tetap masuk sekolah.
a. karena
b. tetapi
c. walaupun
d. oleh karena itu
38. Perhatikan surat undangan berikut !
Yth. Orang tua siswa kelas VI
SD Budi Karya
Dengan hormat
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan karyawisata SD Budi Karya, Kami mengundang Bapak / Ibu untuk … .
Karyawisata tersebut akan dilaksanakan pada :
hari, tanggal : Sabtu, 15 Juni 2013
waktu : 06.00 s.d selesai
tujuan : Taman Pintar, Jogyakarta
Demikian surat undangan dari kami
Terima kasih
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah … .
a. Memberikan pendapat dalam karyawisata
b. Mengizinkan anak Bapak / Ibu untuk ikut karyawisata
c. Ikut serta dalam kegiatan karyawisata tersebut
d. Menjaga karyawisata tersebut agar berjalan dengan aman
39. Perhatikan penggalan surat berikut !
Yth Ibu Rinawati SH
di Semarang
Dengan hormat
Sehubungan dengan akan diadakannya perpisahan kelas VI, kami mengundang Bapak / Ibu dalam rapat persiapan acara tersebut.
Tanda baca yang tepat untuk melengkapi penggalan surat diatas adalah … .
a. Yth. Ibu Rinawati,S.H. dan tanda koma ( , ) setelah dengan hormat
b. Yth, Ibu Rinawati S.H dan tanda titik ( . ) setelah di Semarang
c. Yth. Ibu Rinawati S.H. dan tanda koma ( , ) setelah dengan hormat
d. Yth. Ibu Rinawati,SH. dan tanda titik ( . ) setelah dengan hormat
40. Perhatikan pengumuman berikut !
Kami mengundang seluruh siswa untuk hadir dalam peringatan Hari Kartini. Dalam rangka memperingati hari itu, SD Keramas akan mengadakan perlombaan. Seluruh siswa diharapkan ….. baju adat daerah karena akan diadakan lomba peragaan busana daerah.
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi pengumuman diatas adalah …
a. memakai
b. menggunakan
c. memerlukan
d. melengkapi
41. Perhatikan dialog berikut !
Elsa : “ Kemarin kemana, Nis ?
Nisa : “ Aku menengok nenek.“
Elsa : “ … “
Nisa : “ Di desa.“
Elsa : “ Wah, senang dong, bisa bermain di desa !”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan diatas adalah … .
a. Dimana tempat tinggalmu ?
b. Dimana rumah nenekmu ?
c. Kemana kamu pulang ?
d. Kemana nenekmu pergi ?
42. Hirawati akan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni suara. Ia harus mengisi formulir data diri anggota.
Hirawati beragama Islam. Ia tinggal di Jalan Surtikanti I Semarang. Ia lahir di Bandung, 20 April 2000 dan berpendidikan terakhir SD.
Formulir yang diisikan sebagai berikut :
Data Diri Anggota Ekstrakurikuler Seni Suara
Nama : …………………… ( 1 )
Tempat, tanggal lahir : …………………… ( 2 )
Pendidikan : …………………… ( 3 )
Agama : …………………… ( 4 )
Alamat : …………………… ( 5 )
Isian data yang tepat untuk formulir data nomor ( 5 ) adalah … .
a. Islam
b. Bandung, 20 April 2000
c. SD
d. Jalan Surtikanti I Semarang
Teks Pidato untuk soal nomor 43 dan 44.
Saya mewakili teman – teman, menyampaikan salam perpisahan. Bapak dan ibu guru yang saya hormati, enam tahun sudah kami mendapat bimbingan dari bapak dan ibu. Banyak sekali ilmu yang dicurahkan kepada kami dengan ikhlas. Semula kami tidak bisa membaca dan sekarang kami terampil membaca. Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. …….
43. Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah … .
a. Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati, terimalah persembahan kami
b. Teman – teman saya mohon maaf bila pada kesempatan ini saya banyak salah
c. Kami sangat berterima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kami
d. Oleh sebab itu, ayolah kawan kita bersama – sama menghormati guru kita
44. Kalimat yang di garis bawahi ejaannya kurang tepat, yang tepat adalah … .
a. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, enam tahun sudah kami mendapat bimbingan dari Bapak dan Ibu
b. Bapak dan ibu guru yang saya hormati, enam tahun sudah kami mendapat bimbingan dari Bapak dan Ibu
c. Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, enam tahun sudah kami mendapat bimbingan dari bapak dan ibu
d. Bapak dan ibu Guru yang saya hormati, enam tahun sudah kami mendapat bimbingan dari bapak dan ibu
45. Perhatikan surat resmi berikut !
SD Negeri Bakti Jaya
Jalan Hebras II No 25, Jakarta
Telp ( 021 ) 82456765 faks ( 021 ) 82456768
Jakarta, 8 April 2013
Nomor : 080/kepsek/SDNBJ/IV/2013
Hal : Undangan rapat
Yth. Orang tua / wali murid kelas VI SD Negeri Bakti Jaya
di tempat
Dengan hormat
Sehubungan diadakannya US 2014, dengan ini kita mengundang kalian untuk menghadiri rapat orang tua murid yang akan dilaksanakan pada :
hari / tanggal : Kamis, 8 Mei 2014
waktu : 08.00 - selesai
tempat : ruang kelas VI SDN Bakti Jaya
Atas perhatian Bapak / Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Kepala Sekolah SD Negeri Bakti Jaya
Drs. Rusdianto,M.Pd.
Kata yang digaris bawahi seharusnya … .
a. Kami, Anda
b. Kami, Bapak / Ibu
c. Saya, kamu
d. Saya, Bapak / Ibu
46. Perhatikan laporan berikut !
Laporan Kegiatan Pentas Seni
Pelaksanaan : Senen, 2 Januari 2012
Waktu : Pukul 08.00 – 12.00
Tempat kegiatan : Gedung Pertemuan SD Bintang Jaya
Hasil kegiatan : Siswa SD Bintang Jaya menampilkan berbagai atraksi
kesenian yang memberikan nasehat kepada penonton
Pembetulan untuk kata di garis bawahi dalam laporan tersebut adalah … .
a. Senin ; nasihat
b. Senen ; nasihat
c. Senin ; nasehat
d. Senin ; nasihad
47. Perhatikan laporan berikut !
Laporan Pengamatan
Pasar Tradisional
1. Objek : Pasar tradisional
2. Waktu : Rabu, 5 Desember 2012
3. Tempat : Pasar Klewer, Solo
4. Pengamat : Hirmansyah
5. Hasil Pengamatan
a. Pasar Klewer Solo banyak menjual pakaian
b. ………………………………………..
c. Batik di Solo sangat terkenal
d. Harga batik di pasar tersebut sangat murah
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan rumpang diatas adalah … .
a. Pakaian batik banyak dijual di pasar tersebut
b. Pakaian batik tidak banyak dijual di pasar tersebut
c. Pakaian batik tidak dijual di pasar tersebut
d. Pakaian batik sulit ditemukan di Pasar Klewer
48. Jalan – jalan membeli sukun
Saat berkunjung ke kota Blitar
………………………………………….
………………………………………….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi pantun diatas adalah … .
a. Kalau kamu jadi anak yang rukun
Cari teman sangatlah sukar
b. Kalau kamu rajin dan tekun
Pastilah menjadi anak yang pintar
c. Jika petani suka berkebun
Menanam pohon berbuah besar
d. Rajinlah belajar dengan tekun
Agar menjadi orang yang sabar
49. Perhatikan gambar berikut !
Paragaraf yang sesuai dengan gambar diatas adalah … .
a. Anan-anak berkerumun. Satu anak memegang papan catur. Dan satu lagi menonton permainan mereka
b. Dua anak perempuan sedang bermain congklak. Seru sekali permainan mereka
c. Sekelompok anak duduk di pojok lapangan. Mereka sedang berbincang-bincang.
d. Terlihat sekelompok anak sedang belajar. Mereka aktif mengerjakan tugas secara berkelompok.
50. … Habib berjalan tergesa. Dengan menenteng termos air panas serta sebungkus nasi ia meniti pematang sawah. Ia tahu, ayahnya sudah menunggu kirimannya itu.
Kalimat yang tepat untuk mengawali paragraf tersebut adalah … .
a. Hari masih sangat pagi
b. Udara sejuk terasa nikmat
c. Matahari sudah bergeser ke barat
d. Matahari semakin redup
KUNCI JAWABAN
BAHASA INDONESIA PAKET 1
| 26. D 27. A 28. D 29. C 30. C 31. B 32. A 33. C 34. B 35. D 36. D 37. C 38. B 39. A 40. A 41. B 42. D 43. D 44. A 45. B 46. C 47. A 48. B 49. D 50. C |
PEMANTAPAN PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR
TAHUN 2013/2014
LEMBAR JAWAB
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
WAKTU : 120 MENIT
BI. 01 |
| | | | | | | | |
1. | A | B | C | D | | 26. | A | B | C | D |
2. | A | B | C | D | | 27. | A | B | C | D |
3. | A | B | C | D | | 28. | A | B | C | D |
4. | A | B | C | D | | 29. | A | B | C | D |
5. | A | B | C | D | | 30. | A | B | C | D |
6. | A | B | C | D | | 31. | A | B | C | D |
7. | A | B | C | D | | 32. | A | B | C | D |
8. | A | B | C | D | | 33. | A | B | C | D |
9. | A | B | C | D | | 34. | A | B | C | D |
10. | A | B | C | D | | 35. | A | B | C | D |
11. | A | B | C | D | | 36. | A | B | C | D |
12. | A | B | C | D | | 37. | A | B | C | D |
13. | A | B | C | D | | 38. | A | B | C | D |
14. | A | B | C | D | | 39. | A | B | C | D |
15. | A | B | C | D | | 40. | A | B | C | D |
16. | A | B | C | D | | 41. | A | B | C | D |
17. | A | B | C | D | | 42. | A | B | C | D |
18. | A | B | C | D | | 43. | A | B | C | D |
19. | A | B | C | D | | 44. | A | B | C | D |
20. | A | B | C | D | | 45. | A | B | C | D |
21. | A | B | C | D | | 46. | A | B | C | D |
22. | A | B | C | D | | 47. | A | B | C | D |
23. | A | B | C | D | | 48. | A | B | C | D |
24. | A | B | C | D | | 49. | A | B | C | D |
25. | A | B | C | D | | 50. | A | B | C | D |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Latihan Soal US Bahasa Indonesia 6 SD dan Kunci UAS 2 TA 2013/2014"
Post a Comment