Kisi-Kisi UTS 1 IPS Kelas 4 SD Semester 1 UTS UAS 1 TA 2014/2015
KISI-KISI PENYUSUNAN NASKAH SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
SD / MI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :IV
Alokasi Waktu :90 menit
Jumlah Soal : 50 soal
Bantuk Soal :
1. Pilihan Ganda = 35
2. Isian = 10
3. Uraian = 5
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | No Soal | Bentuk Soal |
1. | 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa, di lingkungan kabupaten, kota dan provinsi. | 1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten, kota, provinsi dengan menggunakan skala sederhana). | - Peta - Komponen peta - Gambar simbol - - Skala peta | - Pengertian peta. - Pengertian komponen peta. - Pengertian gambar simbol. - Contoh skala peta angka. | - Menjelaskan pengertian peta. - Menjelaskan pengertian komponen. - Gambar simbol peta lingkungan. - Contoh skala peta angka | 1 2 3 4 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda |
1.2 Mendeskipsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan dengan keragaman sosial budaya. | - Skala - Kenampakan alam - Kenampakan alam - Pantai - Mata pencaharian - Akibat peristiwa alam | - Pengertian skala - Contoh kenampakan alam - Pengertian kenampakan alam - Tentang pantai - Mata pencaharian lingkungan - Akibat peristiwa alam | - Menjelaskan pengrtian skala - Contoh kenampakan alam di lingkungan setempat - Pengertian kenampakan alam - Menjelaskan pengertian tentang pantai - Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan keragaman sosial tentang mata pencaharian lingkungan setempat - Menjelaskan peristiwa alam dan akibatnya | 5 6 7 8 9 10 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda | ||
| | | | | | | |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | No Soal | Bentuk Soal |
| | 1.3 Menunjukan jenis dan penyebaran sunber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lngkingan setempat. | - Akibat prilaku manusia - SDA yang dapat diperbaharui - Sifat/pengertian sumber daya alam - Sumber daya alam hewan - Hasil hutan - Manfaat obat malaria - Manfaat kelapa sawit - Kelestarian hutan - Bahan baku kertas | - Prilaku/ulah manusia - Sumber daya alam yang dapat diperbaharui - Sifat/pengertian sumber daya alam - Sumber daya alam hewan - Hasil hutan - Manfaat obat malaria - Manfaat kelapa sawit - Kelestarian hutan - Bahan baku kertas | - Menjelaskan akibat prilaku manusia terhadap lingkungan - Menyebut salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui - Menjelasakan sifat/pengertian sumber daya alam - Pengertian sumber daya alam hewan - Contoh hasil hutan untuk membuat mebel - Menyebutkan salah satu contoh manfaat obat - Menyebutkan salah satu contoh manfaat perkrbunan - Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam - Menjelaskan sumber daya alam melalui pembuatan kertas dengan bahan baku | 11 12 13 14 15 16 17 18 19 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda |
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat | - Bhineka Tunggal Ika - Keragaman suku bangsa - Lagu daerah - Menghargai keragaman agama - Budaya daerah | - Pengertian Bhineka Tunggal Ika - Keragaman suku bangsa - Lagu daerah - Menghargai keragaman agama - Budaya daerah | - Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika - Menjelaskan keragaman suku bangsa dalam persatuan dan kesatuan - Menyebutkan contoh lagu daerah - Cara menghargai keragaman agama - Contoh sikap menghargai terhadap budaya lain | 20 21 22 23 24 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda | ||
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | No Soal | Bentuk Soal |
| | 1.5 menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestarianya. | - Peninggalan sejarah berupa tulisan - Letak candi Prambanan - Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan - Cara melestarikan peninggalan sejarah | - Peninggalan sejarah berupa tulisan - Letak candi Prambanan - Manfaat peninggalan sejarah dalam pendidikan - Cara melestarikan peninggalan sejarah | - Mengidentifikasi jenis peninggalan sejarah berupa tulisan - Menyebutkan letak peninggalan sejarah berupa candi Prambanan - Manfaat peninggalan sejarah dalam suatu bidang - Melestarikan peninggalan sejarah | 25 26 27 28 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda |
1.6 meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkunganya | - Pahlawan - Sikap pahlawan - Pahlawan proklamator - Pahlawan pendidikan Ki Hajar Dewantara - Tanggal hari kemerdekaan - Semangat seorang pelajar - Cinta tanah air | - Pengertian pahlawan - Sikap pahlawan - Pahlawan proklamator - Pahlawan pendidikan Ki Hajar dewantara - Tanggal hari kemerdekaan - Semangat seorang pelajar - Cinta tanah air | - Menjelaskan pengertian pahlawan - Menjelaskan contoh arti penting sikap kepahlawanan - Menyebutkan pahlawan proklamator - Menyebutkan tanggal/hari kelahiran pahlawan nasional - Menyebutkan tanggal kemerdekaan Indonesia - Menjelaskan sikap sebagai seorang siswa dalam meneladani semangat kepahlawanan - Menjelaskan pengertian sikap cinta tanah air | 29 30 31 32 33 34 35 | Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda Pilihan ganda | ||
2 | 1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi | 1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan sekala sederhana | - Kumpulan peta - Simbol gambar peta | - Kumpulan peta - Simbol peta | - Pengertian kumpulan peta - Contoh salah satu gambar peta lingkungan | 36 37 | Isian Isian |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | No Soal | Bentuk Soal |
| | 1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungan dengan keragaman sosial budaya | - Akibat perilaku manusia - Pegunungan - Jenis sumber daya alam | - Akibat perilaku manusia terhadap lingkungan - Pegunungan - Jenis sumber daya alam | - Menjelaskan akibat perilaku manusia terhadap lingkungan - Pengertian kenampakan alam pegunungan - Jenis sumber daya alam bahan baku ban mobil | 38 39 40 | Isian Isian Isian |
1.3 Menunjukan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatnnya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat | - Sumber daya alam - Cara melestarikan sumber daya alam | - Sumber daya alam - Cara melestarikan sumber daya alam | - Pengertian sumber daya alam - Menjelaskan cara menjaga kelestarian sumber daya alam | 41 42 | Isian Isian | ||
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat | - Semboyan Bhineka Tunggal Ika - Gambar rumah adat | - Semboyan Bhineka Tunggal Ika dari bahasa Sansekerta - Gambar rumah adat | - Menjelaskan pengertian semboyan Bhineka Tunggal Ika berasal dari bahasa Sansekerta - Rumah adat dari daerah | 43 44 | Isian Isian | ||
1.5 menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota dan provinsi) dan menjaga kelestariannya | - Peninggalan sejarah | - Peninggalan sejarah | - Menyebutkan salah satu jenis peninggalan sejarah berupa tulisan | 45 | Isian | ||
1.6 Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya | - Pahlawan nasional | - Pahlawan nasional | - Menyebutkan 3 pahlawan nasional | 46 | Uraian | ||
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | No Soal | Bentuk Soal |
3. | 1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi | 1.1 Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, dan provinsi) dengan menggunakan skala sederhana | - Komponen peta | - Komponen peta | - Menyebutkan 3 (tiga) komponen peta | 47 | Uraian |
1.2 Mendeskripsikan kenampakan alam di llingkungan sekitar kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya | - Peristiwa alam | - Peristiwa alam | - Menyebutkan 3 (tiga) peristiwa alam | 48 | Uraian | ||
1.3 Menunjukan jenis dan pesebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat | - Hasil pertanian | - Hasil pertanian | - Menyebutkan 3 (tiga) sumber daya alam hasil pertanian | 49 | Uraian | ||
1.4 Menghargai berbagai peninggalan sejarah ai lingkungan sekitar (kabupaten/kota, provinsi) serta menjaga kelestariannya | - Cara menjaga kelestarian lingkungan | - Cara menjaga kelestarian lingkungan | - Menyebutkan 3 (tiga) cara menjaga kelestarian lingkungan | 50 | Uraian |
Soal IPS Kelas 4 SD Semester 1 UTS 1 TA 2014/2015
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Kisi-Kisi UTS 1 IPS Kelas 4 SD Semester 1 UTS UAS 1 TA 2014/2015"
Post a Comment