Panduan Cara Mengisi DHGTK Online Terbaru
Panduan Cara Mengisi DHGTK Online Terbaru – Saat ini secara resmi Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) telah dibuka dan dapat digunakan untuk menghitung kehadiran guru secara online di sekolah baik tingkat PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK.
Aplikasi DHGTK Kemdikbud terbaru ini diciptakan untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi guru, dasar atau sebagai persyaratan untuk bisa menerima tunjangan profesi sesuai pasal 15 pp 19 tahun 2017.
Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan adalah aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses Megisi Daftar Kehadiri Guru Online dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Proses pencatatan absen kehadiran guru untuk versi awal dapat dilakukan secara harian dan bisa juga dilakukan mingguan atau bulanan.
Panduan DHGTK Cara Megisi Daftar Hadiri Guru Online Terbaru
Untuk dapat Megisi Daftar Hadiri Guru Online Pada Aplikasi DHGTK kedalam sistem, terdapat dua user yang bisa digunakan sebagai akses kedalam sistem :
1. Login dengan userid kepala sekolah
2. Login dengan userid operator dapodik
Kedua userid tersebut sudah terupdate datanya secara langsung dari data dapodik (baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.)
Untuk perubahan userid dan password tentunya dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing. Perubahan userid dan password yng dilakukan pada aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) setelah dilakukan syncron. Data - data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari jika berhasil syncron.
Cara Login DHGTK Online Kemdikbud 2018
Login Kepala Sekolah
Links Website/Laman untuk login DHGTK yang digunakan adalah sebagai berikut : ">link alternatif DHGTK 2018 siapatau dapat terbuka.
Setelah Mengunjungi alamat hadir.gtk.kemdikbud.go.id maka silakan Kepala Sekolah segera melakukan login dengan cara mengklik “LOGIN SEKOLAH” yang ada di bawah laman.
- Setelah berhsil terbuka ISI (NPSN) Sekolah anda Contoh ; 12345678
- Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik. Contoh: aaaaaabbbb@gmail.com
- Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik Contoh : ********
- Masukan kode sesuai yang tertulis
- Kemudian Klik “LOGIN”
Pada saat akan Login maka yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut. :
Setelah berhasil login maka akan bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini. Pada visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :
1. Menu Beranda
2. Menu Kehadiran
3. Menu Keluar Aplikasi
4. Menu Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP
Pada Menu Beranda DHGTK tedapat sub menu :
1. Menu-Profil Sekolah
2. Menu-Kunci dan Buat SPTJM
3. Menu-Data Pengguna
Untuk bisa membuat kalender sekolah pada aplikasi DHGTK online, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini .
Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
1. Klik “Kehadiran”
2. Perhatikan Data Sekolah
3. Perhatikan Kalender Sekolah
4. Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
5. Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan.
1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
2. Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya. Berikutnya Klik Simpan dan Ok.
3. Bila Anda akan membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas.
4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat mengisi kehadiran
Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini :
Setelah melihat tampilan seprti gambar diata, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Langsung menuju ke informasi kehadiran.
2. Pilih semester yang berjalan
Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
Setelah ditentukan semester maka akan tampil laporan semester.
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
4. Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi, Daftar Kehadiran bulan - (berhasil dibuat).
Setelah muncul notif Daftar Kehadiran bulan berhasil dibuat maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh.
Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara :
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Panduan DHGTK 2018 secara lengkap sekolah dan daftar hadir online gtk dapat Anda unduh pada tautan dibawa ini:
Tampilan Setelah Login Aplikasi DHGTK Online
Setelah berhasil login maka akan bertemu dengan visual seperti gambar di bawah ini. Pada visual ini meliputi beberapa fitur meliputi :
1. Menu Beranda
2. Menu Kehadiran
3. Menu Keluar Aplikasi
4. Menu Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP
Pada Menu Beranda DHGTK tedapat sub menu :
1. Menu-Profil Sekolah
2. Menu-Kunci dan Buat SPTJM
3. Menu-Data Pengguna
Cara Mengisi/membuat Kalender Sekolah
Untuk bisa membuat kalender sekolah pada aplikasi DHGTK online, kita terlebih dahulu harus mengklik Menu KEHADIRAN : setelah diklik maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini .
Untuk membuat kalender sekolah maka tahapan yang harus di lakukan adalah:
1. Klik “Kehadiran”
2. Perhatikan Data Sekolah
3. Perhatikan Kalender Sekolah
4. Jika Belum ada kalendernya maka klik “Tambah Baru”
5. Setelah klik “tambah baru” maka akan muncul form isian membuat kalender.
Kemudian buatlah kalender sekolah sesuai dengan kalender yang digunakan.
Contoh Proses Membuat Kalender Sekolah Pada Aplikasi DHGTK Online
Misalnya membuat tanggal 1 Januari 2018 itu Libur maka tahapannya adalah sebagai berikut.1. Perhatikan Form Tambah Kelender di bawah ini :
- Pilih jenis libur yang diinginkan.
2. Setelah terisi Jenis Libur, dan Mulai Tanggal-Sampai Tanggal, maka tulis Keterangan liburnya. Berikutnya Klik Simpan dan Ok.
3. Bila Anda akan membuat kalender sekolah lainnya maka tahapan pembuatannya sama dengan poin 1-2 di atas.
4. Pada pembuatan kalender ada perintah Tambah Baru, Hapus Semua, dan Tampilkan Template. Fungsi dari masing-masing tab tersebut adalah:
- Tambah baru - untuk membuat kalender yang baru.
- Hapus semua - untuk menghapus seluruh kalender sekolah yang telah dibuat.
5. Tampilkan Template itu dibuat oleh Operator Dinas Prov/Kab/Kota
6. Kalender ini berfungsi untuk menandai hari kerja dan libur pada absen/ saat mengisi kehadiran
Cara Mengisi kehadiran Guru Online Di Aplikasi DHGTK
Klik Menu “Kehadiran”, maka akan Muncul gambar seperti dibawah ini :
Setelah melihat tampilan seprti gambar diata, maka yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Langsung menuju ke informasi kehadiran.
2. Pilih semester yang berjalan
Setelah di pilih maka tentukan semester yang berjalan. Ada dua istilah dalam semester ini :
- 2017 1 (Juli-Desember 2017) artinya semester 1 tahun pelajaran 2017-2018
- 2017 2 (Janurai-Juni 2018) artinya semester 2 tahun pelajaran 2017-2018
Setelah ditentukan semester maka akan tampil laporan semester.
3. Kemudian Pilih Bulan yang berjalan saat ini.
- Memilih bulan yang berjalan itu sangat penting karena untuk menentukan bulan yang berjalan, dan bisa di isi daftar hadirnya dan tersimpan. Karena jika bulan yang dipilih bukan bulan yang berjalan maka hasil pengsiannya tidak tersimpan. Jika memilih bulan Januari maka akan tampil JANUARI.
4. Setelah menentukan Semester dan Bulan, selanjutnya kita menuju ke tab membuat daftar hadir.
Klik menu “Buat daftar hadir” maka akan muncul notifikasi, Daftar Kehadiran bulan - (berhasil dibuat).
Setelah muncul notif Daftar Kehadiran bulan berhasil dibuat maka klik “OK” dan selanjutnya klik menu simpan dan refersh.
Format Absen Online
Kalau sudah terbentuk form Kehadiran maka tinggal mengisi sesuai kondisi nyata di lapangan dengan cara :
- Jika dinyatakana hadir maka lakukan “Chelklist” pada form absen.
- Jika dinyatakan tidak hadir maka lakukan “Uncheklist” pada form absen.
- Dampak “uncheklist” warna yang tampil akan berbeda sesuai dengan ketarangan absen GTK yang bersangkutan.
- Berikut warna yang menandai absen sesuai kondisi yang bersangkutan.
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Panduan DHGTK 2018 secara lengkap sekolah dan daftar hadir online gtk dapat Anda unduh pada tautan dibawa ini:
Download Panduan DHGTK PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA, dan SMK DISINI
Demikian informasi mengenai Panduan Cara Megisi DHGTK Sekolah Online Terbaru. Semoga dapat bermanfaat
0 Response to "Panduan Cara Mengisi DHGTK Online Terbaru"
Post a Comment