Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Penjaskes

Sama pada matapelajaran yang lain selain penjaskes. Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada matapelajaran Penjaskes juga melalui 3 tahap. Pertama Persiapan, kedua Pelaksanaan, dan ketiga Evaluasi/penilaian. Pokok bahasan kali ini adalah Teknik Dasar Permainan Bola Voly.

A. Tahap Pertama Persiapan

1. Menentukan Proyek

  • Peserta didik melakukan aktivitas latihan teknik dasar pasing bawah. 
  • Melakukan diskusi tentang bagaimana teknik dasar melakukan pasing bawah menggunakan teknik dasar pasing bawah yang benar
  • Siswa dibagi dalam kelompok kecil masing-masing misalnya terdiri dari 4-6 orang, kemudian mempraktikkan cara pasing bawah yang baik dan benar
2. Merancang langkah-langkah penyelesaian proyek
  • Peserta didik secara berkelompok merancang urutan gerakan lengan, gerakan tubuh, dan posisi jatuhnya bola pada pergelangan tangan dan variasi gerakan lengan dan tubuh saat menerima bola voly
  • Peserta didik mendiskusikan bentuk gerakan lengan, tubuh dan kaki saat menerima bola voly
  • Peserta didik melakukan eksplorasi tentang variasi dan kombinasi gerakan tangan, posisi kaki dan gerakan tubuh saat melakukan pasing bawah.
3. Menyusun Jadwal Pelaksanaan Proyek
  • Peserta didik berdiskusi menentukan jadwal kegitan proyek sesuai dengan target waktu yang disampaikan oleh guru
  • Peserta didik menyusun jadwal kegiatan penyelesaian tugas proyek tahap demi tahap.
B. Tahap Dua Pelaksanaan

1. Peserta didik menyelesaikan proyek dengan fasilitas dan pemantauan guru
  • Peserta didik secara berkelompok mengeksplorasi Teknik Dasar Passing Bawah
  • Peserta didik secara berkelompok Latihan passing bawah dengan menggunakan teknik dasar yang benar
  • Dalam menyelesaikan tugas proyek, guru memonitoring kegiatan peserta didik
2. Siswa menunjukkan kemampuannya dari hasil latihan passing bawah  kepada guru 
  • Peserta didik secara berkelompok mempraktikkan latihan passing bawah yang benar
  • Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan kegiatan proyek dengan mendiskripsikan urutan gerak lengan, kaki dan tubuh saat mempraktikkan pasiing bawah
C. Evaluasi Proses dan Hasil Proyek

Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil proyek adalah:
  • Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil tugas kelompoknya secara bergantian dengan mempraktikkan passing bawah dengan menggunakan teknik dasar yang benar di depan guru dan kelompok yang lain
  • Peserta didik menceritakan proses berlangsungnya tugas proyek yaitu mempelajari ketrampilan melakukan passing bawah. Serta menceritakan hambata dalam melakukan passing bawah
  • Peserta didik yang lain memberi tanggapan dan komentar tentang presentasi teman-temannya

0 Response to "Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Penjaskes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel