RPP Kurikulum 2013 SMP B Indonesia Kelas VII Bab Revisi

RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi

RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi- Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Barangkali anda mencari informasi terkait :

1. Tujuan dan Fungsi RPP
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk :
(1)  mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar;
(2)  dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

2. Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
Ada beberapa prinsip penyusunan RPP yang perlu diperhatikan dalam proses penyusunan/perancangan RPP, diantaranya:
a) Memperhatikan perbedaan individu peserta didik RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b) Mendorong partisipasi aktif peserta didik Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
c) Mengembangkan budaya membaca dan menulis Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
d) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
e) Keterkaitan dan keterpaduan. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
f) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

2. Unsur-unsur yang Perlu Diperhatikan dalam Penyusunan RPP
Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyususnan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah :
a) Mengacu pada kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa, serta materi dan submateri pembelajaran, pengalaman belajar yang telah dikembangkan didalam silabus;
b) Menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari;
c) Menggunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa dengan pengalaman langsung;
d) Penilaian dengan system pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada system pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan silabus.

3. Komponen RPP Kurikulum 2013 SD
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
E. Metode Pembelajaran (rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Jika dalam 1 RPP terdiri dari beberapa  pertemuan)
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
b. Kegiatan Inti (…menit)
1). Mengamati
2). Menanya
3). Mengumpulkan dan Mengasosiasikan
4). Mengkomunikasikan hasil
c. Penutup (…menit)
H. Penilaian
1.  Jenis/teknik penilaian
2.  Bentuk instrumen dan instrumen
3.  Pedoman penskoran

RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi

RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi, download filenya pada link dibawah ini;

RPP B. INDONESIA VII.1-1..doc
RPP B. INDONESIA VII.1-2..doc
RPP B. INDONESIA VII.1-3..doc
RPP B. INDONESIA VII.1-4..docx
RPP B. INDONESIA VII.1-5..docx
RPP B. INDONESIA VII.1-6..docx
RPP B. INDONESIA VII.1-7..doc
RPP B. INDONESIA VII.1-8..doc
RPP B. INDONESIA VII.1-9..doc
RPP B. INDONESIA VII.2-1.docx
RPP B. INDONESIA VII.2-2.doc
RPP B. INDONESIA VII.2-3.docx
RPP B. INDONESIA VII.2-4.doc

Demikian artikel RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi- ini saya buat, semoga dapat bapak ibu gunakan sebagai contoh dalam pembeuatan RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi- Terima kasih.

RPP Kurikulum 2013 SMP  B Indonesia Kelas VII Bab Revisi-. memiliki keterkaitan dengan artikel dibawah ini:
rpp bahasa indonesia smp kelas 7 kurikulum 2013 pdfdownload rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017download rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 doccontoh rpp bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013rpp bahasa indonesia smp kurikulum 2013 revisi 2017rpp bahasa indonesia kelas 7 k13 revisi 2017rpp bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017


Sumber http://downloadfileadministrasi.blogspot.com/

0 Response to "RPP Kurikulum 2013 SMP B Indonesia Kelas VII Bab Revisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel