Kisi, Soal dan Kunci Jawaban B. Indonesia UAS I Semester I Kelas 6 SD TA 2013/2014
KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Kelas : VI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Bentuk Soal : Pilihan ganda ( 35 )
Isian ( 10 )
Uraian ( 5 )
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
1 2 3 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Teks bacaan | Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue. Penularannya melalui gigitan nyamuk. Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap. Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam berdarah. | Disajikan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan penyebab penyakit demam berdarah dengan benar | 1 | PG |
Disajikan teks bacaan siswa dapat menyebutkan gagasan utama paragraf ke – 2 dengan benar | 2 | PG | |||||
Disajikan teks bacaan siswa dapat menyebutkan salah satu gejala penyakit demam berdarah dengan benar. | 3 | PG | |||||
4 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Tokoh dalam cerita | Di sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung beo. Gagak merasa paling hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang tinggal di samping pondoknya. Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada gagak itu. | Disajikan cerita, siswa dapat menyebutkan nama tokoh dari cerita anak dengan benar | 4 | PG |
5 | Watak tokoh dalam cerita | Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar | 5 | PG | |||
6 | Latar cerita | Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan benar | 6 | PG | |||
7 | Amanat cerita | Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi amanat dari cerita anak dengan benar | 7 | PG | |||
8 | Tema cerita | Disajikan cerita, siswa dapat mengidentifikasi tema cerita anak dengan benar | 8 | PG | |||
9 | 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan | 2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun | Kalimat pujian | Kalimat pujian sesuai gambar | Disajikan gambar, siswa dapat membuat kalimat pujian disertai alasan dengan benar | 9 | PG |
10 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Pengertian rubrik khusus | Rubrik khusus adalah kolom yang berisi bahasan tentang sesuatu yang bersifat khusus | Siswa dapat menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar | 10 | PG |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
11 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar | Mengisi wesel pos | ![]()
| Disajikan ilustrasi dan blangko wesel pos, siswa dapat mengisi wesel pos dengan benar | 11 | PG |
12 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Penggunaan tanda titik | Penggunaan tanda titik dua dalam dialog Contoh : Adi : “ Halo, bagaimana kabarmu ?” Beni : “ Alhamdulillah baik. “ | Disajikan dialog, siswa dapat menggunakan tanda titik dua dalam dialog dengan benar | 12 | PG |
13 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan | Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan adalah : Nama kegiatan, obyek pengamatan, lokasi pengamatan,pelaksana pengamatan,pendahuluan / pengantar dan hal – hal yang diamati | Siswa dapat menyebutkan Unsur yang harus ada dalam laporan hasil pengamatan dengan benar | 13 | PG |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
14 | 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan | 2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun | Kalimat kritikan | Kalimat kritikan disertai alasan untuk teman yang mengejek seorang pengemis | Siswa dapat mengkritik disertai alasan dengan benar | 14 | PG |
15 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Imbuhan me- | Penggunaan imbuhan me- a. Jika digabungkan dengan kata dasar yang bersuku satu, me- berubah menjadi menge- Contoh : me + bom = mengebom | Siswa dapat menggunakan imbuhan me- dengan benar | 15 | PG |
16 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Laporan kunjungan rumpang | ... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan. | Disajikan laporan kunjungan rumpang, siswa dapat melengkapi laporan kunjungan yang rumpang dengan benar | 16 | PG |
17 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Laporan kunjungan | Pada tanggal 2 November 2013, siswa kelas V dan VI SD Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Kendaraan yang digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Candi Prambanan adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan | Disajilkan laporan kunjungan, siswa dapat menjawab pertanyaan isi laporan dengan benar | 17 | PG |
18 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar | Daftar riwayat hidup | (1) Muhamad Ibrahim (2) tinggal di Gang Kedondong, Suka Tani, Bandung. (3)Ia rajin sholat jamaah di masjid. (4) Lahir di Bandung pada tanggal 6 Juli 1987. (5) Ia bergelar sarjana pendidikan. ![]() Nama : ........................ Tempat/ tanggal lahir: ........................ Pendidikan : ......................... Agama : ......................... Alamat : ......................... | Disajikan ilustrasi dan blangko daftar riwayat hidup, siswa dapat mengisi daftar riwayat hidup dengan benar | 18 | PG |
19 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Arti kata | Arti kata dalam kalimat | Disajikan Penggalan teks, siswa dapat menyebutkan arti kata dengan benar | 19 | PG |
20 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Surat anak | Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor 10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis. Sekian suratku, semoga Kompas Anak bertambah halamannya. Aisyah, SMPN 41 Jakarta (Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 ) | Disajikan surat anak, siswa dapat menjawab pertanyaan isi surat anak dengan benar | 20 | PG |
21 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Isi rubrik khusus | Dalam rubrik sastra terdapat karya sastra seperti : puisi, pantun dan cerita pendek. | Siswa dapat menyebutkan isi rubrik khusus dengan benar. | 21 | PG |
22 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi | Puisi | Aku senang membaca buku Karena buku sumber ilmu Setiap hari aku sempatkan membaca buku Agar ilmuku bertambah Di buku aku temukan setumpuk ilmu Dalam buku cerita ada kelucuan Entah itu dalam gambar atau cerita Buku, engkau sungguh berjasa Bagiku dan bagi semua orang Aku hanya ingin berpesan Anggaplah buku sebagai teman Terima kasih buku | Disajikan puisi, siswa dapat merubah puisi menjadi prosa dengan benar | 22 | PG |
23 | Disajikan puisi, siswa dapat menyebutkan makna sebuah kata dalam puisi | 23 | PG | ||||
24 | Disajikan puisi, siswa dapat menyebutkan amanat dalam puisi dengan benar | 24 | PG | ||||
25 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Topik percakapan | Hendro: “ Kemana kamu kemarin, Sesar ? “ Sesar : “ Aku melihat pertunjukan lumba – lumba .“ Hendro: “ Dimana pertunjukan itu ? “ Sesar : “ Di alun – alun. “ Hendro: “ Wah, kamu pasti senang bisa melihat pertunjukan lumba – lumba.” | Disajikan percakapan, siswa dapat menyebutkan topik percakapan dengan benar | 25 | PG |
26 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Melengkapi dialog yang belum lengkap | Ijah : “ Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?” Jamilah: “ Saya sakit panas dan pusing .“ Ijah : .... Jamilah: “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.” | Disajikan percakapan, siswa dapat melengkapi dialog yang belum lengkap dengan benar | 26 | PG |
27 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.3 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Isi teks bacaan | Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan. | Disajikan penggalan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks bacaan dengan benar | 27 | PG |
28 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.4 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Tema cerita | Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat. | Siswa dapat menentukan tema cerita dengan benar | 28 | PG |
29 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Menulis laporan | Laporan kunjungan SD Puspa ke Pasar Tumenggungan, Kebumen. Tempat : Pasar Tumenggungan, Kebumen Tujuan : Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar Tumenggungan, Kebumen. Waktu : Sabtu, 9 November 2013 Pukul : 09.00 – 12.00 WIB | Disajikan data laporan, siswa dapat menulis laporan dengan benar | 29 | PG |
30 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Menyunting / membetulkan ejaan yang salah | Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara selesai, anggota pramuka mendirikan tenda. | Disajikan laporan, siswa dapat menyunting laporan dengan benar | 30 | PG |
31 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar | Formulir pendaftaran | Diana adalah murid kelas lima di SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002. Kini ia tinggal di Desa Pagubugan,Cilacap. | Disajikan ilustrasi dan formulir, Siswa dapat mengisi formulir pendaftaran dengan benar | 31 | PG |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
32 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Pengertian amanat | Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca | Siswa dapat menyebutkan pengertian amanat dengan benar | 32 | PG |
33 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Latar waktu | Latar waktu dalam cerita adalah yang menunjukan waktu peristiwa terjadi | Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan latar waktu cerita dengan benar | 33 | PG |
34 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Perbedaan watak tokoh | Adi bersahabat dengan Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas. Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati Adi. | Disajikan penggalan cerita, siswa dapat menyebutkan Perbedaan watak tokoh dengan benar | 34 | PG |
35 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Bahasa tanggapan | Tanggapan yang disampaikan harus menggunakan bahasa yang jelas dan santun | Siswa dapat menjelaskan bahasa yang digunakan dalam manyampaikan tanggapan dengan benar | 35 | PG |
36 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Pengertian rubrik kriminal | Rubrik kriminal adalah rubrik yang berisi tentang berita kejahatan | Siswa dapat menjelaskan pengertian rubrik khusus dengan benar | 36 | Isian |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
37 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Penulisan nomor surat | Penulisan nomor surat : kode surat / nomor surat / tahun pembuatan surat | Siswa dapat menulis nomor surat dengan benar | 37 | Isian |
38 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Kalimat majemuk bertingkat | Menggunakan kalimat majemuk bertingkat | Siswa dapat menggunakan kalimat majemuk bertingkat dengan benar | 38 | Isian |
39 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Watak tokoh | Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih berat. Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar, sementara Saman hanya duduk membuat tikar . | Siswa dapat mengidentifikasi watak tokoh dari cerita anak dengan benar | 35 | |
40 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Latar cerita | “ Sarapan istimewa liburan hari pertama sudah siap.cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata Wina dan Sita langsung terbuka lebar. Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi. | Disajikan penggalan cerita, siswa dapat mengidentifikasi latar dari cerita anak dengan benar | 40 | Isian |
41 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.5 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Sinonim | Sinonim adalah padan kata Contoh : pandai = pintar | Siswa dapat menyebutkan sinonim dari kata dengan benar | 41 | Isian |
42 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.6 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan | Antonim | Antonim adalah lawan kata contoh : besar x kecil | Siswa dapat menyebutkan antonim dari kata yang ditentukan dengan benar | 42 | Isian |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
43 | 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan | 1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan | Tokoh utama | Tokoh utama dalam cerita disebut protagonis | Siswa dapat menyebutkan nama lain tokoh utama dengan benar. | 43 | Isian |
44 | 3. memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan | Pengertian membaca intensif | Membaca intensif adalah membaca dengan sangat cermat dan hati – hati agar informasi yang ditulis dapat dimengerti | Siswa dapat menjelaskan pengerian membaca intensif | 44 | Isian |
45 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi | Merubah puisi menjadi bentuk prosa | Merubah puisi menjadi bentuk prosa disebut parafrase | Siswa dapat menyebutkan nama lain merubah puisi menjadi prosa dengan benar | 45 | Isian |
46 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar | Mengisi slip penarikan dari bank | ![]() SLIP PENARIKAN Validasi Jenis rekening : Jenis penarikan: Tanggal : No. Rekening : Nama : Harap dibayarkan atas beban rekening di atas sejumlah : Rp. Terbilang : ........ Penerima penarik | Disajikan ilustrasi dan blanko slip penarikan, siswa dapat mengisi slip penarikan dari bank dengan benar | 46 | Uraian |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
47 | 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi | Memparafrasekan kuisi | Tiga anak kecil Dalam langkah malu – malu Datang ke Salemba Sore itu “ini dari kami bertiga Pita hitam pada karangan bunga Sebab kami ikut berduka Bagi kakak yang ditembak mati Siang tadi“. | Disajikan puisi, siswa dapat merubahnya menjadi bentuk prosa dengan benar. | 47 | Uraian |
48 | 4.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase | 4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan | Menyusun percakapan | Menyusun percakapan tentang kegiatan yang dilakukan pada saat liburan | Siswa dapat menyusun percakapan tentang hal yang dilakukan pada saat liburan | 48 | Uraian |
49 | 3.memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas | 3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.) | Cara menyampaikan informasi yang benar | Tahapan menyampaikan informasi yang benar adalah: mencatat pokok – pokok informasi, merangkai pokok – pokok informasi, menceritakan dengan kalimat yang runtut, jelas, dan mudah dipahami | Siswa dapat menyebutkan tahapan menyampaikan informasi dengan benar | 49 | Uraian |
No | SK | KD | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk Soal |
50 | 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan | 2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun | Kalimat kritikan berdasarkan gambar | Kalimat kritikan yang sesuai dengan gambar: Sebaiknya mereka mengenakan helm dan tidak membonceng teman terlalu banyak karena sangat berbahaya. | Disajikan gambar, siswa dapat mengkritik disertai alasan dengan benar | 50 | Uraian |
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VI
PETUNJUK UMUM
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas pada lembar jawaban !
2. Bacalah setiap soal dengan seksama !
3. Kerjakan terlebih dahulu soal – soal yang kamu anggap paling mudah !
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum diserahkan kepada bapak / ibu guru !
I. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !
Bacaan berikut untuk soal nomor 1 – 3!
Demam berdarah adalah penyakit yang ditandai dengan gejala – gejala demam dan perdarahan. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus. Virus itu disebut virus Dengue.
Penularannya melalui gigitan nyamuk. Nama nyamuk itu adalah aedes aegypti. Jadi, apabila ada orang yang sedang sakit demam berdarah digigit oleh nyamuk itu, virus akan terhisap. Selanjutnya orang yang sehat jika digigit nyamuk itu akan tertular demam berdarah.
1. Penyebab penyakit demam berdarah adalah....
a. virus | c. bakteri |
b. nyamuk | d. demam |
2. Gagasan utama paragraf kedua adalah ....
a. Gigitan nyamuk aedes aegypti | c. Penularan demam berdarah |
b. Gejala demam berdarah | d. Penyebab demam berdarah |
3. Gejala penyakit demam berdarah adalah ....
a. perdarahan dan flu | c. demam dan flu |
b. perdarahan dan demam | d. demam dan muntah |
Bacalah bacaan di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 4 – 8 !

Di sebuah hutan hidup seekor burung gagak dan burung beo. Gagak merasa paling hebat dan kuat. Ia selalu mengejek beo kecil yang tinggal di samping pondoknya. Beo tidak marah, ia juga tidak dendam pada gagak itu.
4. Tokoh dalam penggalan cerita di atas adalah ....
a. burung nuri | c. burung gagak |
b. burung beo | d. Gagak dan Beo |
5. Watak Beo pada cerita tersebut adalah ....
a. jujur | c. sabar |
b. sombong | d. pendendam |
6. Latar penggalan cerita berada di ....
a. hutan | c. pohon |
b. pondok | d. sarang |
7. Amanat yang terkandung dalam cerita di atas adalah ....
a. Kita tidak boleh berbohong | c. Jangan suka marah kepada orang lain |
b. Jangan dendam kepada orang lain | d. Kita tidak boleh sombong dan menghina |
8. Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap bersih, kita harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan kita agar hidup kita lebih sehat.
Tema bacaan tersebut adalah ....
a. kebersihan | c. lingkungan |
b. persahabatan | d. kesehatan |
9. Perhatikan gambar di bawah ini !
Kalimat pujian yang sesuai dengan gambar di atas adalah ....
a. Mereka semangat sekali, membersihkan taman dan halaman rumah. | c. Wah, kalian hebat ! membersihkan dapur dan kamar mandi bersama – sama. |
b. Kalian memang kompak, bergotong royong membersihkan dan merapikan rumah . | d. Saya salut pada mereka, tak kenal lelah merapikan perpustakaan. |
10. Kolom yang berisi bahasan tentang sesuatu yang bersifat khusus disebut ....
a. Rubrik khusus | c. Tajuk rencana |
b. Berita | d. Surat pembaca |
11. Perhatikan ilustrasi di bawah ini !
Nadia akan mengirimkan uang kepada adiknya Rizal Satria yang tinggal di Desa Suka Mulya, Rt 4 Rw 10, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, kode pos 54363. Uang sejumlah Rp. 500.000,00 untuk membeli buku dan sepatu.
Nomor 2 diisi dengan ....
a. Rizal Satria | c. lima ratus ribu rupiah |
b. Rp. 500.000,00 | d. untuk membeli buku dan sepatu |
12. Fita ... “ Apakah kamu sudah membaca koran hari ini, Yun?”
Yuni ... “ Belum. Memangnya, ada berita apa ?”
Fita ... “ Negara Filipina mengalami bencana angin topan ”.
Tanda baca yang tepat untuk mengisi percakapan di atas adalah ....
a. titik dua | c. sama dengan |
b. garis miring | d. titik |
13. (1) Lokasi pengamatan
(2) Obyek pengamatan
(3) Waktu Pengamatan
(4) Tanda tangan pengamat
Hal – hal yang harus ada pada laporan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor ....
a. 2, 3 , 4 | c. 1 , 2 , 3 |
b. 1, 3 , 4 | d. 1, 2 , 4 |
14. Temanmu mengejek seorang pengemis yang meminta – minta. Kalimat kritikan yang tepat untuk temanmu adalah ....
a. Kalau kamu mengejek, dia sakit hati. | c. Jangan mengejek pengemis, kasihan dia ! |
b. Janganlah mengejek pengemis, hidup mereka menderita. | d. Menurutku sikapmu tidak terpuji, kalau tidak memberi sedekah, lebih baik diam |
15. Pada hari Sabtu, 9 November 2013 SD Maju Makmur (ada) lomba. Lomba diselenggarakan mulai pukul 09.00 – 11.00.
Kata dalam tanda kurung seharusnya ....
a. adakan | c. mengadai |
b. mengadakan | d. memadakan |
16. Bacalah kutipan laporan pengamatan berikut !
... . Hasil pengamatan menunjukkan bahwa air sungai digunakan untuk MCK masyarakat yang tinggal di tepi sungai. Padahal, sungai tersebut sudah tercemar limbah deterjen, sampah dan peternakan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan di atas adalah ....
a. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan sungai Lukulo | c. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan Sungai Lukulo |
b. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan Sungai lukulo | d. Siswa kelas VI melakukan pengamatan tentang kebersihan sungai lukulo |
17.
Perhatikan kutipan laporan berikut ini !
Perhatikan kutipan laporan berikut ini !
Pada tanggal 2 November 2013, siswa kelas V dan VI SD Negeri Kayangan berkunjung ke Candi Prambanan, Yogyakarta. Kendaraan yang digunakan adalah bus pariwisata. Lama perjalanan sekitar 4 jam. Candi Prambanan adalah tempat bersejarah yang harus dilestarikan.
Dimanakah letak Candi Borobudur ?
a. Yogyakarta | c. Yogjakarta |
b. Jogjakarta | d. yogyakarta |
18.
Muhamad Ibrahim (1) tinggal di Gang Kedondong, Suka Tani, Bandung. (2)Ia rajin sholat jamaah di masjid(3). Lahir di Bandung pada tanggal 6 Juli 1987(4). Ia bergelar sarjana pendidikan (5)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama : ...................................
Tempat/ tanggal lahir : ...................................
Pendidikan : ...................................
Agama : ...................................
Alamat : ...................................
Urutan data yang tepat untuk melengkapi daftar riwayat hidup di atas adalah .....
a. 1 – 4 – 3 – 5 – 2 | c. 1 – 4 – 2 – 3 – 5 |
b. 1 – 4 – 5 – 3 – 2 | d. 1 – 4 – 3 – 2 – 5 |
19. Anak – anak kelas 4 sampai kelas 6 bekerja bakti di halaman sekolah. Mereka menyiangi rumput dan menyapu halaman
Arti kata menyiangi adalah ....
a. menebangi | c. mencabuti |
b. menanami | d. memotongi |
20. Bacalah surat di bawah ini !
Halo Kompas Anak, aku sering membaca Kompas Anak. Aku ingin memberitahukan bahwa resep “lemon spider” yang ada di kompas anak edisi 7 Januari 2013 pernah dimuat di majalah Girls nomor 10 terbitan 11 Desember 2012. Dalam majalah Girls tidak disebutkan bahwa resep iti kiriman Saadilah Augigis.
Sekian suratku, semoga Kompas Anak bertambah halamannya.
Aisyah,
SMPN 41 Jakarta
(Sumber: Kompas Anak,Minggu 27 Januari 2013 )
Di mana surat itu dimuat ?
a. Kompas Anak | c. Aisyah |
b. Majalah Girls | d. Saadilah Augigis |
21. Dalam rubrik sastra terdapat ....
a. puisi, berita kejahatan dan cerita pendek | c. cerita pendek, puisi dan berita olah raga |
b. cerita pendek, puisi dan berita gosip | d. puisi, cerita pendek dan pantun |
Pusi berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 22 – 25
Aku senang membaca buku
Karena buku sumber ilmu
Setiap hari aku sempatkan membaca buku
Agar ilmuku bertambah
Di buku aku temukan setumpuk ilmu
Dalam buku cerita ada kelucuan
Entah itu dalam gambar atau cerita
Buku, engkau sungguh berjasa
Bagiku dan bagi semua orang
Aku hanya ingin berpesan
Anggaplah buku sebagai teman
Terima kasih buku
22. Prosa yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
a. Buku adalah sumber ilmu. Bacalah buku pada waktu senggang agar ilmu bertambah. Dengan membaca buku wawasan menjadi luas. | c. Lebih baik membaca buku karena menambah ilmu. membaca buku meminjam di perpustakaan. Rajin membaca buku akan menambah ilmu. |
b. Buku merupakan sumber ilmu. Membaca buku akan menambah ilmu. Buku sangat berjasa bagi semua orang. Karena itu buku dapat dianggap sebagai teman | d. Kegemaran membaca buku bisa dilakukan di waktu senggang. Membaca buku bisa menambah ilmu dan pengetahuan. |
23. Makna kata ilmu pada puisi di atas adalah ....
a. informasi | c. wawasan |
b. berita | d. pengetahuan |
24. Amanat puisi di atas adalah ....
a. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah ilmu | c. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah teman |
b. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah pengalaman | d. Sebaiknya kita rajin membaca buku untuk menambah koleksi buku |
25. Hendro : “ Kemana kamu kemarin, Sesar ? “
Sesar : “ Aku melihat pertunjukan lumba – lumba .“
Hendro : “ Dimana pertunjukan itu ? “
Sesar : “ Di alun – alun. “
Hendro : “ Wah, kamu pasti senang bisa melihat pertunjukan lumba – lumba !”
Topik percakapan tersebut adalah ....
a. Kemarin Hendro pergi ke alun - alun | c.Sesar merasa sangat senang |
b. Sesar bermain di alun - alun | d.Sesar melihat pertunjukan lumba - lumba |
26. Ijah : “ Mengapa kamu tidak berangkat sekolah kemarin ?”
Jamilah : “ Saya sakit panas dan pusing .“
Ijah : ....
Jamilah : “ Alhamdulillah, saya sudah sembuh.”
Kalimat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
a. Apakah kamu sudah minum obat ? | c. Bagaimana keadaanmu sekarang ? |
b. Apakah kamu meminta ijin ? | d. Mengapa kamu sakit panas dan pusing ? |
27.
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.
Musim penghujan sudah berlangsung satu bulan. Curah hujan pada musim penghujan kali ini benar – benar tinggi. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir bandang, pohon tumbang dan beberapa bangunan roboh. Bencana – bencana tersebut sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat harus waspada pada saat musim hujan.
Isi bacaan di atas adalah ....
a. Berbagai macam bencana terjadi melanda kehidupan penduduk | c. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana banjir |
b. Musim hujan mengakibatkan bencana tanah longsor | d. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan berbagai macam bencana |
28.
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.
Olahraga adalah upaya untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berolahraga biasanya dilakukan di pagi hari karena udara pagi hari masih terbebas dari polusi. Udara pagi dapat membuat oksigen yang masuk ke paru – paru selalu bersih, sehingga badan terasa segar dan sehat.
Tema paragraf tersebut adalah ....
a. Waktu terbaik berolahraga | c. Manfaat oksigen |
b. Manfaat berolahraga | d. Cara Menjaga tubuh |
29. Laporan kunjungan SD Puspa ke Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tempat : Pasar Tumenggungan, Kebumen
Tujuan : Mengenal kegiatan yang terjadi di Pasar Tumenggungan, Kebumen.
Waktu : Sabtu, 9 November 2013
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Paragraf laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
a. Pasar Tumenggungan menjual berbagai macam peralatan rumah tangga dan kebutuhan pokok. |
b. Pasar Tumenggungan berada di tengah kota. Letaknya dekat dengan pegadaian, kantor polisi dan kantor – kantor pemerintahan lainnya. |
c. Pasar Tumenggungan sangat ramai. Banyak penjual dan pembeli berdatangan, di sana terdapat berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan sembako. |
d. Pasar Tumenggungan menjadi pusat perdagangan, di sana dijual banyak batik, letaknya strategis. |
30.
Bacalah kutipan laporan di bawah ini !
Bacalah kutipan laporan di bawah ini !
Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. Upacara tersebut dilakukan di halaman sekolah. Setelah upacara selesai, anggota pramuka mendirikan tenda.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring tersebut adalah ....
a. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 november 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan. |
b. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan. |
c. Kegiatan Persami dilaksanakan pada hari sabtu / 16 November 2013. Sebelum dimulai, mereka mengadakan upacara pembukaan. |
d. Kegiatan persami dilaksanakan pada hari Sabtu 16 November 2013. Sebelum dimulai, mengadakan upacara pembukaan |
31. Diana adalah murid kelas lima di SD Tegal Anyar. Ia dilahirkan di Desa Pagubugan tanggal 10 Juni 2002. Ia tinggal di gang Asem, Desa Pagubugan,Cilacap.
Pengisian formulir pendaftaran yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah....
a. Formulir Pendaftaran Pramuka Nama Tempat, tanggal lahir Asal Sekolah Kelas | : : : : | Diana Pagubugan,10 Juni 2002 SD Tegal Anyar V |
b. Formulir Pendaftaran Pramuka Nama Tempat, tanggal lahir Asal Sekolah Kelas | : : : : | Diana Cilacap,10 Juni 2002 SD Tegal Anyar V |
c. Formulir Pendaftaran Pramuka Nama Tempat, tanggal lahir Asal Sekolah Kelas | : : : : | Diana Cilacap / 10 Juni 2002 SD Tegal Anyar V |
d. Formulir Pendaftaran Pramuka Nama Tempat, tanggal lahir Asal Sekolah Kelas | : : : : | Diana Tegal Anyar,10 Juni 2002 SD Tegal Anyar V |
32. Pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca disebut ....
a. seting | c. latar |
b. watak | d. amanat |
33. Bacalah bacaan di bawah ini!
Eni memandangi foto ayahnya yang terpasang di dinding. Matanya berkaca – kaca mengingat semua kenangan bersama ayahnya. Sudah seminggu ayahnya meninggal akibat kecelakaan.
Latar suasana cerita di atas adalah ....
a. sedih | c. bimbang |
b. senang | d. gelisah |
34. Bacalah penggalan cerita ini !
Adi bersahabat dengan Beni. Suatu hari mereka bermain sepak bola bersama teman – teman sekelas. Tiba – tiba bola yang ditendang salah satu temannya mengenai wajah Adi dan Beni. Adi berkata kasar dan memukul temannya, Beni melerai dan menasehati Adi.
Perbedaan watak Adi dan Beni adalah ....
a. Beni pemarah dan Adi sabar | c. Adi pemarah dan Beni sabar |
b. Beni pemarah dan Adi pemarah | d. Adi sabar dan Beni rendah hati |
35. Pada saat memberikan tanggapan, kita harus menggunakan bahasa yang ....
a. jelas dan kasar | c. santun dan kasar |
b. jelas dan santun | d. santun dan rancu |
II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling benar !
36. Rubrik yang berisi berita – berita kejahatan disebut rubrik ....
37. Penulisan nomor surat : 121... 25 ... 2013. Tanda baca yang tepat untuk mengisi nomor surat tersebut adalah ....
38. Santi mencuci sayuran ... memasak sayur lodeh. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
39. Sudin merasa iri, dirinya bekerja lebih berat. Ia harus berkeliling ke berbagai desa untuk menawarkan tikar, sementara Saman hanya duduk membuat tikar .
Watak Sudin adalah ....
40. “ Sarapan istimewa liburan hari pertama sudah siap, cumi – cumi isi untuk Wina dan ayam goreng untuk Sita ” bisik mama. Mata Wina dan Sita langsung terbuka lebar. Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi.
Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
41. Banyak keluarga korban angin topan yang berduka karena kehilangan anggota keluarga dan harta benda.
Sinonim kata berduka adalah ....
42. Ia mengambil buku dan pensil dari dalam tasnya.
Antonim kata mengambil adalah ....
43. Tokoh utama dalam sebuah cerita disebut tokoh ....
44. Membaca dengan sangat cermat dan hati – hati agar informasi yang ditulis dapat dimengerti disebut membaca ....
45. Merubah puisi menjadi bentuk prosa disebut ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
46. Eri Pertiwi tinggal di Jalan Kasuari/15, Kebumen. Pada tanggal 15 November 2013, ia mengambil uang sebanyak Rp. 300.000,00 dari tabungan. Nomor rekeningnya adalah 3 -100-03247-2. Isilah slip penarikan bank sesuai data tersebut!
SLIP PENARIKAN
Validasi
Jenis rekening : Tahapan Tapres Lainnya ........................
Jenis penarikan : Tunai Pemindahan
Tanggal :
No. Rekening :
Nama :
Harap dibayarkan atas beban rekening di atas sejumlah : Rp.
Terbilang : .....................................................................................
........................ ......................
Penerima Penarik
47. Ubahlah puisi berikut menjadi bentuk prosa!
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu – malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi“.
48. Buatlah percakapan dengan temanmu tentang kegiatan yang dilakukan saat liburan !
49. Jelaskan langkah – langkah menyampaikan informasi !
50. Buatlah kalimat kritikan berdasarkan gambar di bawah ini !
Kunci Jawaban DISINI
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Kisi, Soal dan Kunci Jawaban B. Indonesia UAS I Semester I Kelas 6 SD TA 2013/2014"
Post a Comment