Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 2 SD UAS I dan Kisi TA 2013/2014
ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN 2013 / 2014
Mata pelajaran : Bahasa indonesia
Kelas : II (Dua)
Hari/ Tanggal :
Waktu : 07.30 s.d 08.30 WIB
Petunjuk Umum :
1. Tulislah namamu di sudut kanan atas !
2. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama !
3. Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap lebih mudah !
4. Telitilah kembali jawabanmu sebelum kamu serahkan kepada bapak/ibu guru !
I. Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !
Kucing yang Lucu
Kucing ...
Suaramu merdu
Setiap kamu lapar
Pasti mengatakan ``meong``
Kau sungguh lucu sekali
1. Tokoh dalam puisi di atas adalah ....
a. kambing c. ayam
b. kucing d. burung
2. Jika lapar kucing mengatakan ....
a. meong c. kukuruyuk
b. mbe d. emo
3. Widi : ... kamu tidak masuk sekolah ?
Sekar : Karena aku sakit.
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi pertanyaan di atas adalah ....
a. Apa c. Mengapa
b. Bagaimana d. Siapa
4. Tina membantu ibu memasak.
Kalimat tanya yang sesuai dengan jawaban di atas adalah ....
a. Siapa yang membantu ibu ?
b. Di mana Tina membantu ibu ?
c. Mengapa Tina membantu ibu ?
d. Kapan Tina membantu ibu ?
Hujan
Hampir setiap hari hujan turun
Hujan terus menerus dapat menyebabkan banjir
5. Jika hujan terus menerus akan ....
a. longsor c. tsunami
b. gempa bumi d. banjir
6. Sebelum pergi ke sekolah Toni ... pada orang tuanya.
a. minta uang c. mandi
b. berpamitan d. sarapan
7. Urutan kalimat di bawah ini yang runtut adalah ....
1. Ibu menggoreng ikan lele
2. Agung dan Noval mendapat ikan lele
3. Agung dan Noval sedang memancing
4. Agung dan Noval makan bersama
a. 1-2-3-4 c. 2-3-4-1
b. 3-2-1-4 d. 4-3-2-1
Bangun tidur
Waktu pagi hari
Burung riang bernyanyi
Menyambut mentari
Indah berseri
Badan segar riang hati
8. Isi puisi di atas adalah ....
a. malas bangun pagi
b. senangnya bernyanyi
c. senangnya bangun pagi
d. menyambut mentari
9. Setiap hari Tina bangun pukul 05.00
Setelah merapikan tempat tidur Tina segera mandi.
Cerita di atas menunjukkan ....
a. kegiatan sehari hari.
b. Pengalaman
c. peristiwa
d. kejadian
10. Urutkan gambar di bawah ini sehingga menjadi cerita yang padu ....
a. A-B-C c. A-C-D
b. C-A-B d. D-C-A
11. ida dan tika naik bus ke surabaya
Penulisan huruf kapital yang benar adalah ....
a. Ida dan tika naik bus ke Surabaya
b. Ida dan Tika Naik Bus ke surabaya
c. Ida dan Tika naik bus ke Surabaya
d. Ida dan Tika naik bus ke surabaya
12. Tanda berhenti saat membaca puisi disebut ....
a. intonasi c. ekspresi
b. lafal d. jeda
Untuk soal nomor 13 dan 14
Hari Minggu Dani dan Dimas bertamasya di pantai
Dani dan Dimas membuat istana dari pasir.
Mereka sangat senang bermain di pasir.
13. Dani dan Dimas sedang bertamasya di ....
a. pantai c. kebun binatang
b. pegunungan d. taman
14. Dani dan Dimas sedang membuat ....
a. istana dari pasir c rumah- rumahan dari pasir
b. bola dari pasir d. bunga dari pasir
15. Setiap hari Senin Toni mengikuti upacara bendera.
Toni berangkat sekolah pukul enam lebih tiga puluh menit.
Penulisan angka jam di atas yang benar adalah ....
a. 06.00 c. 06.30
b. 07.00 d. 06.15
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
16. Setiap hari aku datang ke tempatmu.
Kau tempat menimba ilmu.
Puisi di atas bercerita tentang ....
17. Tokoh yang jahat dalam cerita `` Bawang Merah dan bawang Putih `` adalah ....
18. ... yang sakit gigi ?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
19. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan tempat adalah ....
20. Bahannya terbuat dari bulu unggas, digunakan untuk membersihkan meja dan kursi, benda itu adalah ....
21. Alangkah ... hatiku mempunyai banyak teman.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
22. nenek – ke - rumah – pergi – kami
Susunan kata acak menjadi kalimat yang benar adalah ....
23. Kegiatan yang dilakukan seperti gambar
di samping adalah ....
24. ida menyaksikan kecelakaan lalu lintas.
Penulisan kata yang dicetak tebal yang benar adalah ....
25. Jangan buang sampah sembarangan
Tanda baca yang tepat untuk mengakhiri kalimat di atas adalah ....
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jabawan yang benar !
26. Tulislah 3 kegiatan setelah bangun tidur !
Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
27. Buatlah 3 kalimat berdasarkan gambar!
Jawab :
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
28. setiap hari reni menyiram bunga di halaman.
Perbaikilah penulisan kalimat di atas dengan menggunakan huruf kapital !
Jawab :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
29. Tulislah dengan huruf tegak bersambung !
Ana dan Sinta bermain di halaman.
Jawab :
30. Lengkapilah cerita di bawah ini !
Belajar Renang
Dimas ingin pandai ... setiap hari ... Dimas belajar berenang di kolam renang
umum bersama ... . Dimas berenang menggunakan ... Sekarang Dimas
sudah ... berenang. ... tidak memakai pelampung lagi.
- minggu - Dimas
- pandai - berenang
- ayah - pelampung
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SESESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II (dua)/ I (satu)
Alokasi Waktu : 90 Menit
Jumlah Soal : 25
Bentuk soal : I. Pilihan ganda
II. Isian
III. Uraian
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk soal |
1 | 1 menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1 | 1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri teks pendek | Teks pendek | Disajikan teks pendek: - Siswa dapat menyebutkan nama-nama tokoh dalam bacaan - Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang diceritakan | 1 2 | Pilihan ganda | |
2 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa | - Siswa dapat menggunakan kata tanya - Siswa dapat membuat pertanyaan berdasarkan jawaban yang tersedia | 3 4 | |||
3 | 3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak | 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar | Teks pendek | - Siswa dapat menjawab pertanyaan isi bacaan | 5 | ||
4 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | Kalimat rumpang | - Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang benar - Disajikan kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat hingga menjadi cerita yang padu | 6 7 | ||
5 | 1. Memahami tels pendek dan puisi anak yang dilisankan | 1.2 Mendeskripsikan isi puisi | Puisi anak | - Siswa dapat menemukan isi puisi | 8 | ||
6 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain | Kegiatan sehari hari | - Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dilakukan sehari-hari - Siswa dapat mengurutkan kegiatan yang dilakukan sehari hari berdasarkan gambar | 9 10 | ||
7 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.2 Menulis kalimat sederhana yang diiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik | Huruf kapital | - Siswa dapat menggunakan huruf kapital dalam kalimat | 11 | ||
8 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat | Puisi anak | - Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda pada puisi | 12 | ||
9 | 3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak | 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar | Teks pendek | Teks rumpang | - Siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat pada teks rumpang yang disediakan - Siswa dapat menentukan peristiwa yang terjadi dalam bacaan | 13 14 | |
10 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik | Tanda titik dalam penulisan angka jam | - Siswa dapat menuliskan angka jam dengan benar | 15 |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk soal |
1 | 1 menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek1 | 1.2 Mendiskripsikan isi puisi | Puisi anak | - Disajikan puisi anak: Siswa dapat menemukan isi puisi - Siswa dapat menyebutkan tokoh yang ada dalam puisi | 16 17 | isian | |
2 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa | Kata tanya | Apa, siapa, kapan, dll | - Siswa dapat menyebutkan kata Tanya yang tepat pada kalimat rumpang yang disediakan - Siswa dapat menggunakan kata tanya | 18 19 | |
3 | 3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak | 3.1 Menyimpulkan isi teks pendek yang dibaca dengan membaca lancar | Teks pendek | Diskripsi nama alat kebersihan | - Disajikan diskripsi alat kebersihan, sd menyebutkan nama alat tersebut. | 20 | |
4 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | Hal rumpang | - Siswa dapat melengkapi kalimat dengan Kata yang tepat - Siswa dapat menyusun kata acak menjadi kalimat yang padu | 21 22 | ||
5 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain | Kegiatan sehari hari | - Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang dilakukan sesuai gambar | 23 | ||
6 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik | Huruf kapital | - Siswa dapat menggunakan huruf kapital dalam kalimat - Siswa dapat menggunakan tanda baca dalam kalimat | 24 25 |
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Uraian Materi | Indikator | Nomor Soal | Bentuk soal |
1 | 2. mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi | 2.2 Menceritakan kegiatan sehari-harindengan bahasa yang mudah dipahami orang lain | Teks pendek | Kegiatan sehari-hari | -Siswa dapat menuliskan 3 kegiatan sehari- hari | 26 | Uraian |
2 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | Kalimat | - Siswa dapat membuat 3 kalimat berdasarkan gambar | 27 | ||
3 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik | Teks pendek | Huruf capital, huruf tegak bersambung | - Siswa dapat menggunakan huruf kapital dalam kalimat - Siswa dapat menulid kalimat dengan huruf tegak bersambung | 28 29 | |
4 | 4. menulis permulaan melengkapi cerita dan dikte | 4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | Cerita rumpang | - Siswa dapat melengkapi cerita rumpang dengan kata yang tersedia | 30 |
Sumber https://efriyantiazzahra.blogspot.com/
0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 2 SD UAS I dan Kisi TA 2013/2014"
Post a Comment